Bupati Suwirta membuka Roadshow KPK

Bupati Suwirta membuka Road show KPK di Klungkung.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Roadshow Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi, di balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (6/8/2019).

Acara ini dihadiri langsung oleh anggota KPK RI yang dipimpin Penasehat KPK RI, Sarwono Sutikno dengan disambut langsung oleh Bupati Suwirta bersama Wakil Bupati Made Kasta, Sekda Gede Putu Winastra, anggota FORKOMPINDA dan para Kepala OPD.

Tujuan dari pelaksanaan Roadshow Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi dari KPK adalah untuk membumikan isu-isu pemberantasan korupsi di masyarakat,  menghadirkan KPK secara riil di masyarakat, mensosialisasikan langkah-langkah antikorupsi KPK serta mempererat keterlibatan masyarakat dalam program KPK dan mengumpulkan masukan dan atau feed backtentang KPK.

Sasarannya adalah Para Pendidik dan Pelajar, Komite Sekolah, Pengawas, Aparatur Pemerintah, Pelayanan Publik, Anggota DPRD, Komunitas, pelaku usaha/sektor Bisnis, serta masyarakat.

Dengan kehadiran KPK secara riil di Kabupaten Klungkung, Bupati Suwirta berharap kepada seluruh stakeholder bisa tercerahkan dengan informasi-informasi terkait masalah korupsi. Selain itu dirinya juga mengajak untuk sadar, bahwa korupsi benar benar harus dihilangkan demi mewujudkan cita cita bersama yaitu menuju Klungkung yang unggul dan sejahtera malalui spirit GEMA SANTI.

Untuk mencegah korupsi sejumlah regulasi juga sudah dirubah atau dicabut sejak awal dirinya menjabat. Seperti regulasi persetujuan pengeluaran perijinan oleh Bupati dan juga tentang termin proyek.

“Korupsi tidak perlu dibahas secara berlebihan karena akan semakin ribet, namun intinya semua pihak harus paham apa yang menjadi hak dan yang mana bukan hak untuk dimiliki. Korupsi disamping karena niat juga juga karena keadaan, untuk itu seiring dengan peningkatan PAD, pemerintah selain meningkatkan pembangunan juga meningkatkan kesejahteraan para ASN.” Ujar Bupati Suwirta.

BACA JUGA:  11 Orang Tewas dan 44 Luka-luka Akibat Serangan Pisau Seorang Pria di Alun-alun China

Sementara itu Penasehat KPK RI, Sarwono Sutikno mengatakan untuk mewujudkan negara indonesia maju dan rakyatnya yang sejahtera maka Indonesia harus bebas dari korupsi. Beberapa program sudah dilakukan KPK, pada tahun ini menyapa 28 kabupaten di Indonesia melalui kegiatan roadshow. Setiap daerah yang dilewati, KPK melakukan interaksi dengan pemerintah, sekolah dan beberapa organisasi. Setiap laporan yang masuk akan selalu diverivikasi.Dalam roadshownya di Bali tercatat sebanyak 6 laporan dari kabupaten Klungkung yang masuk dan sudah diverivikasi.

Salain sebagai Penasehat KPK, Sarwono Sutikno  yang juga merupakan seorang  IT Consultan menghimbau Inspektorat Daerah  supaya meningkatkan audit informasinya sehingga dapat dengan cepat melancarkan informasi sesuai permintaan Bupati.

Dalam acara ini, turut digelar pameran pelayanan publik, diantaranya administrasi kependudukan oleh dinas Dukcapil, SIM Keliling oleh Polres Klungkung, Pengujian Kendaraan (uji kir) oleh Dinas Perhubungan, Perijinanan Terpadu oleh Dinas PMPTSP, Kring Sehat (KRIS 118) oleh Dinas Kesehatan, serta layanan pengaduan oleh Kejaksaan Negeri Klungkung.

Tampak sejumlah masyarakat dan siswa sekolah dari tingkat TK hingga SMA/SMK turut hadir dalam kegiatan roadshow badan anti rasuah ini. Beberapa warga tampak memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus administrasi kependudukan dan sejumlah pelajar tampak mencoba permainan simulasi anti korupsi didalam bus KPK. (riz)