Penghargaan Adhyasta Dharma Raksata Raksita sebagai Apresiasi Kinerja OPD

Sejumlah Entitas menerima anugerah Adhyasta Dharma Raksata Raksita, di Ball Room Taman Prakerti Bhuana Yadnya Grosir.(foto: yesi)

Beritabalionline.com – Sebagai bentuk apresiasi, Pemkab Gianyar melalui Inspektorat memberikan reward kepada entitas yang telah melaksanakan tatakelola yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa, professional dan bertanggung jawab yang diwujudkan dengan prilaku birokrasi yang efisien dan efektif serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Reward diberikan dengan harapan adanya motivasi entitas untuk meningkatkan kualitas kinerja secara berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Inspektorat Kabupaten Gianyar I Ketut Pasek Lanang Sadia saat memberikan laporan pada acara penganugrahan Adhyasta Dharma Raksata Raksita di Ball Room Taman Prakerti Bhuana Yadnya Grosir, Rabu  (31/7/2019).

Sesuai dengan arti dari Adhyasta Darma Raksata Raksita yang berarti barang siapa yang berbuat dharma, maka akan dilindungi dharma itu sendiri. Jadi penganugrahan Adhyasta dharma raksata Raksita artinya penganugrahan kepada entitas yang melaksanakan tugasnya dengan baik atas hasil pengawasan yang dilaksanakan oleh inspektorat kabupaten Gianyar di Lingkungan Pemerintah kabupaten Gianyar.

Lebih lanjut dikatakan Pasek Lanang, sesuai dengan perubahan paradigma pengawasan, Inspektorat kabupaten Gianyar sebagai unsur aparat pengawasan intern pemerintah, melaksanakan pembinaan dan memberikan rekomendasi sebagai upaya yang dilakukan untuk mewujudkan terciptanya tujuan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih dilingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Mayun, pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah, merupakan proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin pemerintahan daerah berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan rencana dan ketentuan perundang undangan.

Dilanjutkannya, pelaksanaan pemutakhiran data tindak lanjut hasil pengawasan inspektorat kabupaten Gianyar yang dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan merupakan wujud atas pengendalian intern. Agung Mayun juga berharap kepada Aparat pengawas Intern pemerintahan (APIP) Kabupaten Gianyar agar secara terus-menerus dan berkelanjutan melaksanakan pengawasan terhadap urusan pemerintahan di daerah sesuai dengan fungsi dan kewenangan yang ada.

BACA JUGA:  Jatuh dari Perahu saat Cari Ikan di Danau Batur, Nelayan Asal Kintamani Ditemukan Meninggal

Kabupaten Gianyar kali ini memberikan penghargaan Adhyasta Dharma Raksata Raksita kepada OPD terbaik di lingkungan Pemerintah kabupaten gianyar. Penghargaan diberikan dalam 10 kategori yang didasarkan pada Indikator kinerja Utama (IKU).

Penghargaan sebagai entitas tercepat menyelesaikan temuan Inspektorat Provinsi bali diberikan kepada Dinas Pendidikan. Dinas PUPR meraih penghargaan sebagai entitas tercepat menyelesaikan temuan BPK RI. Bagian hukum dan HAM juga meraih penghargaan sebagai entitas yang tercepat menyelesaikan temuan sesuai dengan monitoring tindak lanjut Inspektorat kabupaten gianyar.

Tak mau ketinggalan, Desa batubulan juga meraih entitas yang tidak ditemukan temuan inmaterial. Sedangkan entitas dengan temuan kurang dari 5 temuan diraih oleh Bagian Administrasi Pimpinan. Untuk Entitas dengan nilai SAKIP LKJIP terbaik tahun 2018 diraih oleh Dinas kesehatan.

Nominasi APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) terbaik diperoleh oleh I Nyoman Alit Parnata, Tim Irban wilayah I juga memperoleh penghargaan sebagai tim pemeriksa terbaik atas tim yang melakukan audit kinerja tahun 2018. Sedangkan untuk entitas yang tidak memiliki temuan berulang diperoleh oleh bagian Kesra dan binamental. (yes)