Ny Putri Koster Dorong Aparatur Desa Berdayakan Lansia

Ny Putri Koster pada acara ‘Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) 2019’ (foto : ist)

Beritabalionline.com – Upaya memelihara kesehatan para lansia harus ditujukan untuk menjaga kondisi mereka, agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomi. Hal ini merujuk pada Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Mengacu hal tersebut, maka pemerintah serta komponen masyarakat terutama aparatur desa, harus memberdayakan para lansia dengan berbagai kegiatan positif. Demikian dikatakan dalam sambutan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster dalam acara ‘Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) 2019’ di Wantilan Kantor DPRD Provinsi Bali, di Denpasar, pada Rabu (31/7/2019).

Lebih lanjut Putri Koster mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya selaku Ketua Tim Penggerak PKK selalu mendukung dan mendorong aparatur desa untuk mengadakan kegiatan produktif bagi para lansia.

Pada saat pelaksanaan Harinya PKK ke-57 yang berlangsung di 57 Kecamatan/ Kabupaten/Kota, TP PKK Provinsi Bali menghadirkan lansia untuk ikut melaksanakan ‘Gerakan Masyarakat Hidup Sehat’ dengan aktivitas fisik melakukan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, pemberian kaca kata gratis, mensuport lansia dengan hadiah minyak urut, dan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan beberapa kegiatan pemantauan seperti mengunjungi panti jompo dan mengoptimalkan keterampilan para lansia, mengunjungi lansia yang terlantar serta meghibur para lansia dengan mengajak bernyanyi dan menari bersama, demikian Ny Putri Koster. (sut)

BACA JUGA:  Gianyar Pertahankan WTP Enam Kali Berturut-turut