Bu Mas Lepas Duta Karangasem Ikuti UDG Bali

Serangkaian pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Serangkaian pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019, Duta Kabupaten Karangasem di bawah naungan Widyasabha dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem kembali mengirimkan peserta terbaiknya.

Setelah mengikuti pembinaan yang telah dilaksanakan sejak 6 bulan lalu, seluruh peserta yang menjadi Duta Kabupaten Karangasem mengikuti acara pelepasan oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Rabu (31/7/2019).

Seluruh peserta nantinya akan mengikuti rangkaian Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 di Taman Budaya Art Center, dari tanggal 30 Juli – 1 Agustus 2019.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Kebudayaan I Putu Arnawa, Ketua Widya Sabha Kabupaten/Kecamatan Karangasem dan Pembina UDG Kabupaten Karangasem. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan uang saku untuk para peserta UDG.

Bupati Mas Sumatri dalam arahanya mengatakan bahwa keberadaan Dharma Gita menjadi elemen penting kebudayaan Bali.Sehingga pelaksanaan Utsawa Dharma Gita merupakan salah satu media guna melestarikan dan menguatkan kebudayaan Bali.

“Pembinaan Dharma Gita di Kabupaten Karangasem saat ini sudah berjalan baik, sehingga diharapkan terus tumbuh generasi yang mampu melestarikan dan menguatkan kebudayaan Bali,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan,bahwa kebudayaan merupakan cerminan jati diri masyarakat Bali.Karenanya, dari pelaksanaan kegiatan berbasis kebudayaan sangatlah penting, seperti Utsawa Dharma Gita dan Pesta Kesenian Bali.

“Kegiatan berbasis kebudayaan sangat penting agar harga diri kita sebagai masyarakat Bali tetap kuat dan ajeg sampai kapanpun,” ujar Mas Sumatri.

Ia juga menyebutkan, para peserta diharapkan memiliki, kesadaran dan keinginan untuk aktif dalam melestarikan Dharma Gita sebagai bagian kebudayaan. Sehingga mampu menciptakan generasi serta keberlanjutan kebudayaan dapat terlaksana dengan baik.

“Selamat berlomba pada Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019, semoga senantiasa dapat tampil maksimal dan memberikan yang terbaik untuk Karangasem” pungkasnya.

BACA JUGA:  Dua Hari Berturut-turut, Pengendara Motor Meninggal di Jalan karena Lakalantas

Kadis Kebudayaan, Putu Arnawa menyampaikan, Utsawa Dharma Gita tahun 2018 lalu, berhasil menduduki peringkat Juara Umum III di provinsi Bali. Sedangkan di Nasional yang diselenggarakan di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017, Kabupaten Karangasem berhasil memperoleh 2 emas , 1 perak dan 4 perunggu.

“Target kami, rombongan Utsawa Duta Kabupaten Karangasem,minimal masih bisa mempertahankan peringkat Juan Umum III, sehingga Kabupaten Karangasem akan mendapatkan peluang berkesempam untuk ikut mewakili Provinsi Bali ke Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional Tahun 2020 nanti,” ucapnya.

Seluruh rombongan Utsawa Dharma Gita Duta Kabupaten Karangasem berjumlah 116 orang. Official yang akan mendampingi peserta lomba di tingkat provinsi berjumlah 40 orang. Dengan jumlah 8 jenis lomba yang akan diikuti, diantaranya, membaca sloka, sloka, palawakya, kekawin, geguritan, dharma wacana bahasa Bali, Dharma wacana bahasa Inggris, dharma widya tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. (arz)