Pesan Ganja dari Amerika, Bule Australia Diganjar Hukuman 1 Tahun Penjara

Terdakwa Kim Anne Alloggia. (foto : SAR)

Beritabalionline.com – Seorang warga negara asing (WNA) kelahiran Sydney, Australia bernama Kim Anne Alloggia (41) yang kedapatan memesan narkotika jenis ganja cair dari Amerika benar-benar bernasib mujur. Sebab, dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Senin (29/7/1019) dia hanya divonis satu tahun penjara.

Anehnya lagi, Kim yang ditangkap karena memesan ganja cair dari Amerka, malah divonis sebagai penyalahguna narkotika. Majelis hakim pimpinan I Made Pasek menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan narkotika bagi dirinya sendiri.

Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Narkotika. “Menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama satu tahun, potong selama terdakwa mejalani rehabilitasi medis, ” tegas hakim.

Putusan inu, sama persis dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gusti Lanang. Menanggapi putusan ini, terdakwa yang didampingi pengacara Edward Pangkahila dan kawan-kawan, langsung menyatakan menerima.

“Kami menerima putusan ini yang mulia,” tegas Edward Pangkahila. Jaksa Gusti Lanang juga menyatakan menerima.

Sebagaimana dalam dakwaan jaksa terungkap, terdakwa ditangkap pada 2 Maret 2019 di salah satu Home Stay di Jalan Camplung Tanduk No. 99 Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung.

Sebelum ditangkap, terdakwa terlebih dahulu memesan pewarna pakaian kepada temannya yang bernama Kim E Artist yang tinggal di Amerika.

Selanjutnya Kim E Artist kepada terdakwa menanyakan alamat pengiriman. Kerena terdakwa tidak tahu, dia pun bertanya kepada saksi I Komang Gede Happy tentang alamat yang bisa dikirimi barang.

Oleh saksi diberikan alamat di Jalan Sedap Malam III Perum Livadiva 12 Kesiman. Singkat cerita, barang pesanan terdakwa tiba di Kantor Pos Renon tanggal 4 Februari 2019.

Terdakwa lalu meminta saksi Komang Gede untuk mengambilnya dengan memberikan nomor seri pengiriman. Saksi pergi ke kantor pos mengambil paketan dengan menunjukkan nomor resi pengiriman.

BACA JUGA:  Bajak Email Notaris, Ricardus Tilep Uang Bule dan Korban Lainnya Lebih Dari Rp1 Miliar

Saat itu pula datang petugas dari Polresta Denpasar mendekati saksi dan menanyakan siapa pemilik paket tersebut yang dijawab saksi milik Kim Anne Alloggia yang tinggal di salah satu Home Stay di Jalan Camplung Tanduk

Dibawah pengawasan polisi, saksi menuju tempat tinggal terdakwa dan menyerah paketan tersebut. ” Setelah paket diserahkan, oleh terdakwa dibuka dan memang ada ditemukan pewarna pakaian,” sebut jaksa Kejari Denpasar itu.

Namuan setelah diperiksa lebih jauh, ternyata dalam paketan itu juga ada sebuah tabung kecil yang didalamnya berisikan narkotika jenis ganja cair. Saat ditanya petugas terkait ganja cair itu, terdakwa mengaku tidak pernah memesan benda itu.

Namun sebagaimana dalam dakawaan, terdakwa mengaku bertanggungjawab atas semua barang yang ada dalam paketan itu. (sar)