Gandeng Komunitas, Pemkot Kembali Gelar Denpasar Book Fair 2019

Pelaksanaan Denpasar Book Fair 2018. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar kembali menggelar event Bazzar Buku yang dikenal dengan “Denpasar Book Fair” Tahun 2019. Event yang dihelat oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar bekerjasama dengan Komunitas Madyapadma ini dirancang berbeda dari tahun sebelumnya.

Beragam kegiatan turut memeriahkan pelaksanaan kegiatan Denpasar Book Fair 2019 yang akan digelar pada 12-14 Agustus 2019 di aula SMPN 4 Denpasar.

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Denpasar, IB Yoga Endharta menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dikemas berbeda dan lebih kreatif dari tahun sebelumnya. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan di bookfair ini, di antaranya pameran buku yang melibatkan Penerbit Indie dan Penerbit Mayor Label, Kompetisi Literasi seperti lomba kording, reportase, karikatur, dan resensi yang melibatkan Pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa se-Bali.

Selain itu, lanjut Gus Yoga sapaan akrabnya, turut dilaksanakan kegiatan mendongeng, bedah buku, gerakan peduli dan berbagi buku, talkshow dan workshop terkait buku, pameran jurnalistik dan ilmiah, pertemuan Pers Pelajar se-Bali, Pertemuan Ilmiah Remaja se-Kota Denpasar, diskusi tele-conference, pemutaran film karya Madyapadma (BISMA), serta peluncuran buku karya pelajar dan mahasiswa. 

Dijelaskan Gus Yoga, pelaksanaan Book Fair ini sejatinya dilaksanakan lantaran hingga saat ini belum ada kegiatan festival buku di Bali yang efektif dan optimal untuk membangun hubungan timbal balik yang mempertemukan antara penulis buku, penerbit, distributor, konsumen buku, pemegang kebijakan, dan media massa.

Diharapkan dari pelaksanaan Denpasar Book Fair ini dapat menjadi media literasi sehingga mampu memberikan dukungan dalam membangun iklim perbukuan yang semarak sehingga ikut menggerakan roda perekonomian, demikian Gus Yoga. (tra) 

BACA JUGA:  Ditabrak Grand Livina, Wayan Sueni Meninggal di Tempat