Hari Raya Galungan, Bali Diguncang Gempa M 4,6

BMKG rilis lokasi gempa. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Bali. Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar menyebut gempa bumi yang terjadi berkekuatan magnitudo (M) 4,9 berpusat di barat daya Kabupaten Jembrana.

“Hasil pemutakhiran gempa menjadi magnitudo 4,6. Episenter terletak pada koordinat 8,98 LS dan 114,17 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 km barat daya Jembrana dengan kedalaman 71 km,” terang Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan, Rabu (24/7/2019) di Denpasar.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” kata Gunawan.

Pascagempa, BPBD Provinsi Bali mengkonfirmasi tidak ada laporan kerusakan. Gempa magnitudo 4,6 juga dikatakan tidak sampai mengganggu suasana persembahyangan di Hari Suci Galungan.

“Laporan yang kami terima via radkom (radio komunikasi) kondisi aman terkendali, kegiatan masyarakat yang melakukan aktivitas persembahyangan Hari Raya Suci Galungan tetap berjalan lancar. Demikian juga aktivitas wisatawan terpantau ramai lancar, aktivitas operasional bandara tetap normal,” jelas Kalaksa BPBD Provinsi Bali I Made Rentin. (agw)

BACA JUGA:  Listrik Padam Dua Jam Tak Pengaruhi Aktifitas Bandara Ngurah Rai, Bali