Selundupkan Kokain Senilai Rp2,3 Miliar, WNA Peru Bungkam Sebut Identitas Penerima

WNA Asal Peru selundupkan 950 gram kokain digelandang petugas. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Bea Cukai Ngurah Rai, Bali, menggagalkan upaya penyelundupan narkotika dari luar negeri dengan pelaku WNA asal Peru, Guido Tores Morrales (55). Dari tangan pelaku, petugas mengamankan kokain seberat hampir 1 kilogram.

“Modus yang dilakukan, kokain dikemas kecil-kecil dan ditelan,” ucap Himawan Indarjono, Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai saat ekspose penangkapan di Kantor Bea Cukai, Jumat (19/7/2019).

Pengungkapan berawal ketika pelaku tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menumpang pesawat Emirates dengan nomor penerbangan EK 450 rute Dubai-Denpasar, Rabu (26/6/2019) sekitar pukul 16.00 WITA.

Saat melewati pemeriksaan X-Ray, petugas curiga karena dari dalam saluran pencernaan pelaku terlihat benda asing. Petugas kemudian melanjutkan dengan pemeriksaan badan pelaku dan rontgen di rumah sakit.

“Setelah dilakukan upaya pengeluaran, keluar sebanyak 125 bungkusan plastik berisi narkotika jenis kokain. Setelah ditimbang berat total kokain 950 gram netto. Kalau dirupiahkan nilainya mencapai Rp2,3 miliar,” jelas Himawan.

Seperti pelaku lainnya, Guido Tores juga berupaya memutus rantai jaringan dengan mengaku tidak mengenal identitas orang yang menyuruhnya serta penerima barang saat kokain tiba di Bali.

“Dari hasil interogasi, pelaku mengaku disuruh orang tidak dikenal dan baru pertama kali melakukannya. Kesulitan kami untuk melakukan pengembangan karena pelaku hanya bisa berbahasa Spanyol,” kata Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Bali, AKBP Debby Asri Nugroho. (agw)

BACA JUGA:  Terbukti Produksi Kokain, WN Australia Divonis Lebih Berat dari Tuntutan Jaksa