Razia Rumah Kos, BNNK Badung Temukan 12 Penghuni Positif Narkoba

Petugas BNNK Badung tes urine penghuni rumah kos. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Petugas gabungan menggelar razia penyalahgunaan narkoba dengan menyasar penghuni rumah kos di wilayah Desa Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung. Dari 50 orang penghuni kos yang dites urine, 1 orang kedapatan positif Amphetamine dan Methampetamine, 9 orang positif Methampetamine, dan 2 orang positif Benzodiazepam.
“Selanjutnya terhadap penghuni kos yang terindikasi terlibat sebagai penyalahgunaan narkoba diarahkan untuk datang ke BNN kabupaten Badung guna dilakukan asesmen dan ditindaklanjuti dengan melaksanakan rehabilitasi,” ucap Kepala BNN Kabupaten Badung, AKBP Ni Ketut Masmini, saat dikonfirmasi, Senin (15/7/2019).
AKBP Ni Ketut Masmini menerangkan, dalam kegiatan razia bersandi “Operasi Bersinar” melibatkan 75 personel yang terdiri dari personel BNN Kabupaten Badung, Perbekel, staf desa serta aparat dari Desa Canggu, Koramil Kuta 1611-03, Polsek Kuta Utara, Badan Kesbang Pol Kabupaten Badung dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung.
Operasi diawali dengan survey lokasi yang menjadi target atau sasaran oleh tim Berantas BNN Kabupaten Badung, Minggu (14/7/2019) dini hari. Tim gabungan kemudian bergerak serentak dengan menyasar delapan tempat kos yang berada di wilayah Banjar Kayutulang, Banjar Pipitan, Banjar Canggu, dan Banjar Padang Linjong.
Ketut Masmini mengungkapkan, ancaman narkoba tak hanya menyerang perkotaan, tapi sudah merambah pedesaan. Upaya membangun desa bersih dari narkoba pun menjadi langkah strategis yang harus direalisasikan demi melindungi desa dari ancaman narkoba.
“Kegiatan ini sebagai upaya untuk menekan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Desa Canggu, mengingat penyalahgunaan narkoba kerap kali terjadi di tempat-tempat kos. Terlebih, Desa Canggu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Badung,” jelasnya.
Perbekel Desa Canggu I Nengah Lana yang turut dalam razia menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan operasi bersinar. Ia berharap kegiatan tersebut bisa berkelanjutan dalam rangka pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba di Desanya.
“Dengan kegiatan ini kami berharap agar masyarakat Desa Canggu memiliki sikap tanggap dan daya tolak terhadap segala bentuk ajakan penyalahgunaan narkoba sehingga terwujud Desa Canggu bersih dari narkoba,” ucapnya. (agw)
BACA JUGA:  Pemkab Gianyar Laksanakan Pamarisudha Jagat untuk Kelancaran Pemilu 2019