Jaga Kestabilan Harga Jelang Galungan, Pemkot Gelar Pasar Murah

Warga antusias berbelanja di pasar murah yang digelar Pemkot Denpasar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Menyambut hari raya Galungan dan Kuningan yang jatuh pada 24 Juli dan 3 Juni 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar kembali mengadakan Pasar Murah yang bekerjasama dengan Bulog dan Tim Pengendalian inflasi di Kota Denpasar (TPID) bertempat di Banjar Bagawan, Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan pada Selasa (9/6/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten  II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati didampingi Kepala Bidang Metrologi dan Tertib Niaga, Putu Gede Sukadana beserta OPD terkait, yang ikut meninjau pelaksanaan pasar murah.

Terpantau di lapangan barang-barang yang dijual lebih murah dari harga di pasaran, dimana gula pasir kristal putih dijual seharga Rp.11.000/kg, sedangkan di pasaran harganya mencapai Rp.18.000/kg, berikut gas elpiji yang isi 3 kg dijual dengan harga Rp.14.500, sedangkan di warung-warung di jual dengan kisaran harga Rp.21.000, serta harga buah-buahan juga lebih murah 15 persen dari harga di pasar pada umumnya.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan IGN Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap pelaksanaannya dapat dilakukan secara berkesinambungan. Terlebih kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat menjelang hari raya Galungan dan Kuningan, sehingga masyarakat dapat membeli  sembako dan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Kegiatan ini juga sesuai arahan Bapak Walikota Denpasar  untuk dapat dilaksanakan secara rutin dan bersinergi bersama OPD satu sama lain serta memberi pelayanan ke masyarakat secara maksimal,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut I GN Bintang juga berharap pasar murah turut mendukung kebijakan Wali Kota Denpasar dalam pengurangan kantong plastik. “Masyarakat yang datang ke pasar murah diharapkan dapat membawa kantong belanja sendiri. Langkah ini sangat baik dalam menjaga kebersihan serta keberlangsungan lingkungan hidup kita,” sarannya.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Tabanan masa bakti 2019-2024 Dilantik

Sementara Kepala Bidang Metrilogi dan Tertib Niaga Putu Gede Sukadana mengatakan, kegiatan pasar murah ini dimaksudkan untuk memberi pelayanan kepada masyarakat agar dapat membeli bahan-bahan pokok kebutuhan di hari raya Galungan dan Kuningan dangan harga yang terjangkau.

Pasar murah ini terselenggara atas kerjsama Pemkot Denpasar dengan berbagai pihak di antaranya, PT.GIEB Indonesia, PT. Tiara Dewata, Hismana Migas, Perum Bulog Divre (Devisi Regional Bali), PT Halus Cipta Nadi, PT Perusahaan Dagang Indonesia, Pertamina dan Indomarco, serta Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang membagikan 50 kantong belanja ramah lingkungan. *tra