Curi Tiga Motor, Dua Terdakwa Dituntut Tiga Tahun

Kedua terdakwa pencuri tiga unit sepeda motor. (foto : SAR)
Beritabalionline.com – Dua terdakwa, Dana Eko Adi Prasetyo (terdakwa I) dan Didik Dwi Hermawan (terdakwa II) yang diadili karena mencuri tiga unit sepeda motor, Senin (8/7/2019) dituntut masing-masing tiga tahun penjara.
Dalam sidang pimpinan Hakim I Wayan Kawisada, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Luh Putu Ari Suparmi menyatakan kedua terdakwa yang tinggal ditempat berbeda itu terbukti melakukan tindak pidana pencurian yang dilakukan secara bersama-sama dan berlanjut.
Perbuatan kedua terdakwa melanggar Pasal 363 ayat (1) ke-3 dan ke 4 KUHP. “Memohon kepada majelis hakim yang menyidangkan perkara ini untuk menghukum kedua terdakwa dengan pidana penjara selama tiga tahun,” kata jaksa Kejari Denpasar itu.
“Kalian curi tiga motor dituntut tiga tahun, jadi satu motor satu tahun. Gimana, dengan tuntutan ini, mau ajukan pembelaan atau pasrah saja?,” tanya hakim kepada kedua terdakwa. “Kami mohon keringanan hukuman yang mulai,” mohon terakwa.
“Ya sudah, kalau gitu sidang kita tunda pekan depan untuk vonisnya. Kedua terdakwa tetap jaga kesehatan,” pungkas Hakim Kawisada, sembari mengetukkan palu tanda persidangan usai.
Sementara itu, dalam surat tuntutan, jaksa juga membeberkan sejumlah fakta yang terungkap selama persidangan. Terungkap, kedua terdakwa selama ini hanya menyasar kedaraan yang pakir tanpa terkunci stang.
Terungkap, kedua terdakwa mengambil tiga sepeda motor di tempat yang berbeda. Yang pertama keduanya mencuri sepeda motor jenis Honda Scoopuly milik Nunung Cahyani di Jalan Buana Raya, Denpasar.
Kedua terdakwa beraksi kembali di Jalan Uluwatu, Jimbaran dengan mengambil sepeda motor jenis Kawasaki Ninja milik Moh. Fitriyanto. Yang terakhir, kedua terdakwa mencuri sepeda moto jenis Suzuki Satria FU milik Martha di Jalan Dewi Sri.
Dijelaskan pula, dalam menjalankan aksiya, terdakwa I bertugas mengambil motor yang terparkir, sedangakan terdakwa II mengawasi daerah sekitar. Setelah motor berhasil dicuri, kedua terdakwa mengganti nomor polisi kendaraan yang sudah disiapkan. (sar)
BACA JUGA:  Berkas Dinyatakan Lengkap, Tiga Tersangka Kasus Korupsi LPD Gerokgak Segera Disidang