Eksepsi Ditolak, Sidang Mantan Ketua Kadin Dilanjutkan

Mantan Ketua Kadin Bali Anak Agung Alit Wiraputra, (foto : sar)

Beritabalionline.com – Usaha mantan Ketua Kadin Bali Anak Agung Alit Wiraputra, terdakwa kasus dugaan penipuan perizinan perluasan pelabuhan Benoa senilai Rp16,1 muliar untuk mementahkan dakwaan jaksa penuntut gagal total.

Pasalnya pada sidang, Kamis (4/7/2019) yang mengagendakan putusan sela, majelis hakim PN Denpasar pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi dengan tegas menyatakan menolak eksepsi atau keberatan terdawa atas dakwaan jaksa.

Majelis hakim dalam amar putusan selanya menyatakan, dalil-dalil atau alasan yang dituangkan dalam eksepsi sudah masuk pada pokok perkara yang harus dibuktikan melalui pemeriksaan saksi-saksi.

Selain itu, majelis menyebut eksepsi terdakwa yang mengatakan dari hasil perbandingan antara dakwaan dengan hasil penyidikan terdapat fakta fakta hukum yang dihilangkan atau disembunyikan, dinilai terlalu mengada-ada dan tidak berdasar.

Selain itu dalam eksepi terdakwa yang diantaranya mengutip keterangan saksi-saksi dan keterangan terdakwa yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dinilai sudah masuk pada materi pembuktian dalam pokok perkara.

“Dengan demikian, menolak eksepsi atau keberatan terdakwa, memerintahkan jaksa untuk melanjutkan sidang dengan memanggil saksi-saksi, ” tegas Hakim Adnya Dewi dalam putusannya.

Sementara terdakwa Alit Wiraputra usai sidang mengatakan menerima dengan baik putusan tesebut.”Saya menerima dengan baik putusan hakim ini, ” kata Alit Wiraputra kepada wartawan.

Dikatakannya, dengan dilanjutkan persidangan Wiraputra berharap kasus yang membelitnya ini menjadi terang benerang sehingga siapa-siapa yang terlibat akan terlihat jelas.

“Dalam persidangan nanti kami akan buktikan bahwa apa yang ada dalam eksepsi kami itu benar adanya, ” uangkapnya. Yang terakhir, Wiraputra berharap majelis hakim dalam sidang memanggil, Putu Pasek Sandoz Prawirottma, I Made Jayantara dan Candra Wijaya sebagai saksi. (sar)

BACA JUGA:  Diburu Setahun Usai Gelapkan Motor, Sopir Truk Ditangkap Polisi