DPC AAI Denpasar Buka Pusbakum bagi Masyarakat Kurang Mampu

Ketua DPC AAI Denpasar Rizal Akbar Maya Poetra. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Pengacara Rizal Akbar Maya Poetra membuktikan janjinya untuk segera membuka Pusat Bantuan Hukum (Pusbakum) bagi masyarakat pascadilantik menjadi Ketua DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Denpasar.

“Maksud dan tujuan dibukanya Pusbakum oleh DPC AAI Denpasar adalah untuk mengantisipasi masyarakat kurang mampu yang ingin mencari keadilan,” ucapnya usai pembuakaan Pusbakum di Inna Bali Heritage Hotel Denpasar, Selasa (2/7/2019) malam.

Rizal mengatakan, selama ini beragam kendala muncul ketika masyarakat tengah berperkara dan ingin memperoleh bantuan hukum tanpa biaya (prodeo). Salah satunya yakni diminta mengurus surat keterangan tidak mampu dari desa.

“Prosedurnya terlalu rumit, orang mau minta bantuan hukum tetapi dimintai surat keterangan miskin dan sebagainya. Sementara, banyak masyarakat miskin kesulitan mendapat surat tersebut karena kepala desa enggan mengeluarkan, malu, karena jika ada orang minta surat miskin artinya kepala desa dianggap tidak mampu lantaran di desa itu masih ada warga miskin. Ini yang menjadi persoalan,” papar Rizal Akbar.

Berangkat dari persoalan tersebut lanjut Rizal, DPC AAI Denpasar akan membuat terobosan, di mana masyarakat kurang mampu yang ingin mendapatkan bantuan hukum tidak dimintai surat keterangan miskin dari desa.

“Sesuai dengan ketentuan kita juga harus menangani perkara prodeo. Sementara untuk menangani perkara prodeo dalam prakteknya susah karena ada surat keterangan miskin dan sebagainya. Nah, dengan dibukanya Pusbakum, hal ini sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” jelasnya. (agw)

BACA JUGA:  Ratusan Anak-Anak PAUD Atraksi Kebangsaan di Gianyar