KPU Siap Hadapi 250 Sengketa Pileg 2019 di MK

Ketua KPU Arief Budiman. (foto : net)

Beritabalionline.com – Setelah rampungnya sengketa Pemilihan Presiden, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini harus mempersiapkan diri untuk menghadapi gugatan Pileg 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). KPU akan membagi ke dalam tiga tim.

Ketua KPU, Arief Budiman menyebut, sidang gugatan pileg di MK terbagi ke dalam tiga panel. Rencananya tiap panel akan diisi dua orang anggota KPU.

“Masing-masing tim akan berisi 2 anggota KPU. Nanti yang hadir bisa bergantian kalau memang kursinya cukup, 2 anggota KPU diberi kursi di situ,” kata Arief di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Menurut data yang diperoleh KPU, jumlah sengketa yang teregister MK sebanyak 250 sengketa Pileg. Menghadapi ratusan sengketa itu, Arief mengklaim sudah sangat siap memberi jawaban dan alat bukti.

“Kita sudah siapkan semua jawabnnya. Saat (sengketa) didaftarkan pada Juni kemarin kan kita sudah petakan. Daerah mana saja, provinsi mana saja,” ucapnya.

Berikut adalah Rekap PHPU DPR/DPRD ; PKB: 17 perkara, Gerindra 21 perkara, PDIP 20 perkara, Golkar 19 perkara, NasDem 16 perkara, Garuda 9 perkara, Berkarya 35 perkara, PKS 15 perkara, Perindo 11 perkara, PSI 13 perkara, PAN 16 perkara, Hanura 14 perkara, Demokrat 23 perkara, Partai Aceh 1 perkara, Partai SIRA 1 perkara, PDA 1 perkara, PBB 12 perkara, PKP Indonesia 3 perkara, dan Pihak Lain 1 perkara. (itn)

BACA JUGA:  Korban Meninggal Banjir Jabodetabek Capai 26 Orang