Jumbara IX – PMR PMI Kabupaten Gianyar Dibuka

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, I A Cahyani Widyawati saat menyelenggarakan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR IX Tahun 2019.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya anggota Palang Merah Remaja (PMR) di kalangan sekolah Kabupaten Gianyar, Palang Merah Indonesia (PMI) Gianyar menyelenggarakan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR IX Tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari ini dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, I A Cahyani Widyawati di Wantilan Desa Pakraman Negara, Selasa (2/7/2019).

Kadiskes IA Cahyani mengapresiasi kegiatan Jumbara PMR IX, PMI Kabupaten Gianyar dimana kegiatan ini merupakan ajang pertemuan antar PMR se-Kabupaten Gianyar dalam rangka mempersatukan visi dan misi PMI dalam melaksanakan tugas-tugas social kemanusiaan.

“Melalui kegiatan ini, bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada remaja-remaja di sekolah melalui PMR khususnya peserta Jumbara. Sehingga lebih memahami kegiatan dan tugas yang dilaksanakan PMI dan nantinya dapat membantu beban bagi masyarakat yang membutuhkan,” terang IA Cahyani.

Sekretaris PMI Gianyar, Cokorda Rai Widiarsa mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk memperkuat fondasi PMI melalui PMR. Sehingga ke depan keberadaan PMI ke depan bisa tetap eksis di tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana diketahui, organisasi PMI merupakan organisasi social kemanusiaan yang didirikan oleh pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan guna meringankan beban sesama manusia.

PMI dalam menjalankan tugas dan fungsinya berpedoman pada Tujuh Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional guna membantu pemerintah dalam bidang kemanusiaan tanpa membedakan suku, agama, ras dan bangsa.

“Sesungguhnya kita kalau berbicara PMI, tidak hanya masalah darah saja. Tetapi lebih daripada itu, unsur kemanusiaan. Oleh sebab itu, dalam Jumbara ini untuk meningkatkan profesionalisme dan mempererat silaturahmi sesama anggota PMR. Memotivasi para remaja untuk berperan aktif dalam kegiatan kemanusiaan,” tambah Cok Rai Widiarsa.

Ketua Panitia Jumbara IX PMR-PMI Gianyar Tahun 2019, Dewa Oka Harimbawa mengatakan peserta Jumbara PMR terdiri dari 116 orang yang terdiri dari PMR Madya (setingkat SMP) sebanyak 86 orang dari 5 sekolah, PMR Wira (setingkat SMU/SMK) sebanyak 30 orang dari dua sekolah serta pembina PMR masing-masing peserta sebagai pendamping. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 2 s/d 6 Juli 2019 di Lapangan Yudistira, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

BACA JUGA:  Terseret saat Mandi di Pantai, Bocah Kelas 6 SD Ditemukan Tak Bernyawa

Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya anggota PMR di kalangan sekolah yang ada di Kabupaten Gianyar. Meningkatkan peran serta anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai pendidik sebaya. Monitoring dan evaluasi konfrehensif tentang Kurikulum Pembinaan PMR di sekolah serta sebagai ajang mempererat tali silahturahmi sesame anggota PMR di Kabupaten Gianyar.

“Kegiatan yang kita laksanakan berupa lomba-lomba yang terkait dengan peningkatan kapasitas PMR masing-masing sekolah. Meningkatkan kompetensi PMR dalam upaya penanggulangan bencana secara dini serta bakti social di masyarakat berupa pelayanan kesehatan dan bersih-bersih,” imbuh Dewa Oka Harimbawa.

Seusai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau lokasi perkembangan peserta Jumbara IX yang berlokasi di Lapangan Yudistira, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar. (yaw)