Kedapatan Bawa Ganja, Bule Amerika Terancam 5 Tahun Penjara

Warga negara asal Amerika yang kedapatan membawa ganja. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Warga asing bernama Jasel Ajaykumar Patel (24) harus berurusan dengan pihak penegak hukum setelah kedapatan membawa narkoba. Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini ditangkap petugas sesaat setelah turun dari pesawat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Yang bersangkutan kita amankan karena kedapatan membawa narkoba jenis ganja,” terang Husni Syaiful, Kepala Bidang Penindakan dan Penyelidikan Kantor Wilayah DJBC Balli, NTB dan NTT saat ekspose kasus di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP Ngurah Rai, Rabu (19/6/2019).

Husni mengatakan, pelaku tiba di Bali dengan menumpang pesawat Cathay Pacific CX 785 rute Hongkong-Denpasar, Rabu (12/6/2019) sekutar pukul 17.00 Wita. Saat melewati area pemeriksaan Bea dan Cukai di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai, petugas curiga dengan barang bawaan pelaku.

Bule yang diketahui berprofesi sebagai pegawai bank di negaranya tersebut kemudian dibawa ke ruang pemeriksaan khusus. Dari hasil pencitraan X-Ray petugas menemukan empat linting berisi potongan daun berwarna hijau.

“Setelah ditimbang ganja tersebut mempunyai berat 4,07 gram brutto atau 1,36 gram netto. Oleh pelaku ganja disimpan di dalam tas punggung warna biru tua yang dibawanya,” Husni Syaiful.

Untuk proses penanganan lebih lanjut, pelaku beserta barang bukti narkoba diserahkan ke Ditresnarkoba Polda Bali. Atas perbuatannya, pria keturununan India ini dikenakan pasal 113 ayat (1) Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun. (agw)

BACA JUGA:  Datangi Kakanwil Kemenkumham Bali, Istri Prabangsa Minta Jokowi Cabut Remisi Susrama