Personel Kodim Klungkung Dites Urine, Ini Penjelasan Dandim

Personel Kodim 1610/Klungkung jalani tes urine. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kodim 1610/Klungkung tes urine puluhan personelnya. Kegiatan yang dikoordinir Staf Intelijen Kodim 1610/Klungkung tersebut diikuti oleh anggota Perwira, Bintara, Tamtama, termasuk para Pegawai Negeri Sipil di Kodim Klungkung.

“Tes urine ini bertujuan untuk melakukan tindakan preventif atau pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kodim,” terang Dandim 1610/Klungkung Letnan Kolonel Czi Paulus Joni Simbolon, Senin (17/6/2019) di lapangan Makodim setempat.

Letkol Paulus mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti perintah pimpinan TNI, di mana TNI menyatakan perang terhadap narkoba. Maka secara internal pihaknya juga melaksanakan pengecekan atau tes urine terhadap seluruh personel.

Dandim menegaskan, apabila ada personel Kodim 1610/Klungkung yang terlibat narkoba maka akan dikenakan sanksi yang tidak main-main. Tanpa kompromi, personel yang bersangkutan akan dikenakan sanksi terberat yakni pemecatan.

“Tentunya kita berharap agar seluruh prajurit dan PNS Kodim 1610/Klungkung bebas dari narkoba. Oleh karenanya, sangat penting bagi kita melakukan pencegahan secara internal terhadap seluruh personel. Sebagai aparat kewilayahan kita harus selalu memberikan contoh, suri tauladan kepada masyarakat. Kemudian tentunya juga kita dapat membantu dan mencegah peredaran narkoba di masyarakat,” papar Dandim.

Sementara itu Pasi Intelijen Kodim 1610/Klungkung Lettu Inf I Made Purwadi menjelaskan, dari tes urine yang dilakukan terhadap 75 personel hasilnya negatif. Tidak ada anggota yang terindikasi menggunakan narkoba.

“Tes urine merupakan program kerja Staf Intelijen yang dilaksanakan secara berkala dan insidentil dalam rangka pengamanan personel termasuk pencegahan dan pengecekan terhadap penggunaan narkoba dan sejenisnya,” ucap Pasi Intel. (agw)

BACA JUGA:  BPOM Denpasar Mencatat Jumlah Pelanggaran Iklan Obat dan Makanan Meningkat