Gunung Agung Kembali Erupsi, Lontarkan Material Pijar Sejauh 700 Meter

Gunung Agung erupsi sembari melontarkan material pijar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Gunung Agung yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Kamis (13/6/2019) dini hari, pukul 01:38 Wita.

KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Agung merilis data bahwa tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi ± 3 menit 53 detik.

Pada erupsi kali ini, kolom abu dari Pos Rendang tidak teramati karena tertutup kabut. Sementara pihak Potsar Radio 115 Bali yang siaga di Tulamben, melaporkan visual gunung terlihat jelas.

Bara api pijar terpantau memancar dari puncak Agung, sehubungan cuaca sempat cukup cerah di belahan timur laut dan utara gunung.

Senada dengan itu, pihak PVMBG menyebutkan bahwa lontaran material pijar terpantau menebar ke segala arah dengan jarak sebar lebih kurang 700 meter dari kawah puncak.

Bersamaan dengan itu, dilaporkan pula bahwa di kawasan Puregae dan Besakih, sempatkan diguyur hujan abu bercampur butiran pasir.

Kendati demikian, status vulkanik Gunung Agung masih dinyatakan berada pada  Level III (Siaga) dengan rekomendasi agar masyarakat di sekitar Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung. (tra)

BACA JUGA:  Mayat Orok Berisi Tali Pusar Gegerkan Pengunjung Pantai Matahari Terbit