Dijadualkan Dibuka Presiden Jokowi, PKB 2019 akan Diikuti Wakil dari 11 Negara

Gubernur Bali I Wayan Koster. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Presiden RI Joko Widodo direncanakan melepas pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 41 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Renon, Denpasar. Hal itu diungkapkan Gubernur Bali, I  Wayan Koster saat menggelar jumpa pers pelaksanaan PKB ke 41 tahun 2019.

“Usai melepas pawai, malam harinya Bapak Presiden juga dijadwalkan membuka Pesta Kesenian Bali di panggung terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Bali,” kata Gubernur di Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Senin (10/6/2019).

Ajang tahunan terakbar ini lanjut Gubernur, dipastikan menjadi ruang aktualisasi segala nilai luhur dan indah dari seni budaya Bali. PKB 2019 juga disebutnya selaras dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana untuk menuju Bali Era Baru.

Berbeda dengan pelaksanaan PKB tahun-tahun sebelumnya, Gubernur Koster menegaskan tahun ini seluruh stand baik stand kerajinan maupun kuliner tidak dipungut biaya alias digratiskan. Ditambahkan, peserta pameran yang dipilih merupakan pelaku industri kecil menengah (IKM) dari seluruh Kabupaten/Kota di Bali.

“Peserta yang dipilih tentunya yang memproduksi kerajinan unik, kreatif, inovatif serta bermutu dan berorientasi eksport. Format pameran ditata secara tematik berdasarkan zonasi jenis produk,” jelasnya.

Lebih jauh diterangkan, menampilkan kesenian Bali, PKB tahun ini juga diperkaya dengan dengan menampilkan partisipasi peserta seni dari luar daerah serta wakil dari 11 negara seperti Amerika Serikat, Jepang, RRT, India, Korea dan negara-negara lain.

“Pesta Kesenian Bali tahun ini tetap dijaga sebagai event seni budaya bernilai sejarah yang tinggi dan dibentuk sebagai bagian dari memori kolektif krama Bali, masyarakat Indonesia dan internasional,” ucap Gubernur. (agw)

BACA JUGA:  Anggota Kodim Gianyar Mendadak Dites Urine