Catut Nama Polwan, Pelaku Tipu Pembeli Sepeda Motor

Identitas yang dikirim pelaku (kiri), capture percakapan WhatsApp antaran korban dan pelaku. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Briptu ODM, anggota polwan yang saat ini dikabarkan bertugas di bagian SPKT Polda Sulawesi Utara (Sultra) namanya dicatut orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi penipuan.

“Pelaku menawarkan sepeda motor kepada korban berinisial DSW asal Magetan, Jawa Timur. Setelan korban mentransfer uang, sepeda motor tidak kunjung dikirim sesuai janji pelaku,” ungkap IWRA, teman korban saat dikonfirmasi, Minggu (9/6/2019).

IWRA yang juga anggota kepolisian ini menerangkan, pelaku menawarkan sepeda motor jenis Yamaha N-Max dengan harga murah melalui akun Facebook. Untuk menyakinkan para korban, pelaku turut memposting surat izin lelang yang dikeluarkan Kepolisian.

Tidak itu saja, pelaku yang belum diketahui identitasnya ini mengaku bertugas di Polda Bali. Sebagai bukti bahwa pelaku anggota Polri, ia juga menyertakan foto identitas diri seperti SIM C, KTP dan KTA anggota kepolisian.

Merasa tertarik, korban lalu menghubungi pelaku untuk menanyakan kondisi kendaraan yang ditawarkan. Pelaku mengatakan bahwa kendaraan bekas yang ditawarkan kondisinya bagus dan berada di showroom milik pelaku di Jalan Gatot Subroto Barat nomor 101, Denpasar.

“Pada bulan Mei 2019 lalu teman saya kemudian mentransfer uang Rp9 juta ke rekening BCA yang dikirim pelaku. Saat itu pelaku sempat mengirim foto sepeda motor telah dipacking dan siap dikirim,” terang sumber.

Korban baru sadar telah menjadi korban penipuan lantaran pelaku tidak kunjung mengirim sepeda motor. Layaknya pelaku kejahatan lainnya, nomor handphone Briptu ODM palsu juga tidak aktif saat dihubungi korban.

Beberapa bulan sebelumnya, nama Briptu ODM juga pernah digunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan. Modusnya sama, saat itu pelaku menawarkan sepeda Kawasaki KLX warna hitam dengan harga Rp7 juta di toko online. (agw)

BACA JUGA:  Kasus Pengerusakan Barang Hotel oleh Turis Arab Saudi dan Maroko Berakhir Damai