Jojo dan Anthony ke Semifinal Australia Open

Tunggal putra Indonesia Jonatan ”Jojo” Christie melaju ke babak semifinal Turnamen Bulutangkis Australia Open 2019 setelah mengalahkan Lin Dan (Cina) dua game langsung.(foto:ist)

Beritabalionline.com – Indonesia meloloskan 4 wakilnya minus tunggal putri dan ganda putra, ke semifinal turnamen bulutangkis Crown Group Australia Open 2019 di Quaycentre, Sydney, Australia. Mereka adalah sepasang tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan ”Jojo” Christie, Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Pada laga perempatfinal Jumat (7/6/2019), Jojo melaju ke semifinal setelah mengalahkan pemain veteran Cina, Lin Dan dalam dua gim yang berlangsung selama 46 menit dengan skor 21-9 dan 24-22. Sedangkan Anthony memenangi ‘perang saudara” dengan naklukkan Tommy Sugiarto dalam dua gim selama 14 menit. Pada gim pertama, Anthony unggul dengan skor 21-6. Namun pada gim kedua Tommy menyerah (retired) dan skor tetap 0-0.

Seperti dikutip dari Antaranews, selanjutnya pada babak semifinal yang akan dimainkan Sabtu (8/6/2019) ini, Jojo akan berhadapan dengan unggula pertama di turnamen ini, Chou Tien Chen (Taiwan), sementara Anthony juga menghadapi pemain Taiwan lainnya, Wang Tzu Wei.

Sementara itu, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menjadi unggulan keenam melaju ke semifinal usai menaklukkan unggulan tiga dari Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan dua game langsung 21-18 dan 22-20.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi wakil Indonesia terakhir lolos, setelah mengbekuk unggulan pertama dari Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dengan dua game langsung 21-19 dan 21-18. Ini menjadi kemenangan pertama Greysia/Apriyani atas ganda Jepang itu dari empat kali pertemuan.

Sebenarnya Indonesia menempatkan 7 wakilnya di perempatfinal, tetapi 3 wakil lainnya gagak ke semifinal termasuk juara All England, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan setelah disingkirkan pasangan Korsel Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol dalam dua gim yang berjalan selama 31 menit dengan skor 15-21 dan 15-21.

BACA JUGA:  Walikota Cup 2020 Resmi Dibuka, Gali Potensi dan Tingkatkan Prestasi Atlet

Selain Hendra/Ahsan, ada pula satu perwakilan tim Merah Putih dari sektor ganda campuran yang terhenti di perempat final, yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang dikalahkan Tang Chun Man/Tse Ying Suet dari Hong Kong dalam dua gim dengan skor 20-22, 14-21. Satu lagi wakil Indonesia yang kandas yakni Tommy Sugiarto yang dikalahkan rekan senegaranya, Anthony Ginting. (arz)