Indra Sjafri: Thailand Cerdik Manfaatkan Situasi

Bek kanan Timnas U-23 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kanan) berebut bola dengan gelandang Thailand Ekanit Panya dalam laga Piala Merlion 2019 di Stadion Jalan Besar, Singapura.(foto: net)

Beritabalionline.com – Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri mengatakan, kemenangan Thailand atas anak asuhnya dengan skor 2-1 di Piala Merlion 2019, Singapura, Jumat, diraih karena skuat ‘Gajah Perang’ muda cerdik memanfaatkan situasi. “Di babak pertama kami masih beradaptasi dengan pertandingan. Thailand memanfaatkannya dan mencetak dua gol,” ujar Indra dalam keterangan resminya.

Timnas Indonesia kebobolan dua gol dari Thailand saat laga baru berjalan 12 menit dalam laga yang digelar di Stadion Jalan Besar, Singapura, tersebut. Bek Saringkan Promsupa menyarangkan bola via sepakan penalti di menit keenam dan Ekanit Panya menggandakan skor menjadi 2-0 di menit ke-12.

Indonesia sendiri baru bisa memperkecil kedudukan di menit ke-42 berkat gol Witan Sulaiman. “Kami harus memperbaiki kekurangan agar situasi serupa tidak terulang di laga berikutnya,” tutur Indra menambahkan. Permainan Indonesia, lanjut pelatih asal Sumatra Barat ini, baru membaik di babak kedua.

Tetapi, meski strategi sudah berjalan dengan baik, skuatnya tetap gagal menambah gol. “Hasil memang belum berpihak kepada kami. Namun, kami mendapat pelajaran dari pertandingan ini. Banyak pemain baru yang kami turunkan dan tentu mereka masih perlu adaptasi karena target kami adalah di SEA Games 2019,” kata Indra.

Kekalahan dari Thailand membuat Indonesia gagal ke final Piala Merlion 2019. Tim berjuluk Garuda Muda itu akan bertanding untuk perebutan tempat ketiga pada Minggu (9/6) menghadapi tim yang kalah dari laga Singapura versus Filipina yang masih berlangsung saat berita ini rampung ditulis. (arz)

BACA JUGA:  30.000 Pelari dari 35 Negara akan Ikuti Borobudur Marathon 2019 Berhadiah Rp2,7 Miliar