Dibuka Wabup Sanjaya, PKB Tabanan 2019 Tampilkan Beragam Inovasi Kreatif

Wabup Sanjaya membuka PKB Tabanan ke 41 ditandai dengan membunyikan tek-tekan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 41 (XLI) Kabupaten Tabanan 2019 tidak hanya menggelar kreasi dan inovasi seni, tetapi juga menghadirkan sektor ekonomi kreatif masyarakat Tabanan, yaitu UMKM yang kali ini semakin berkembang di daerah lumbung padi itu.

Puluhan stand ekonomi kreatif masyarakat Tabanan, ambil bagian dalam memeriahkan PKB yang digelar di kawasan Taman Budaya Tabanan. Stand-stand tersebut meliputi kedai kopi, kuliner, pakaian dan lain-lain.

Sementara untuk gelar aneka kreasi dan inovasi seni budaya, terdapat beberapa panggung pertunjukan seperti Panggung Terbuka Garuda Wisnu Serasi, Museum Sagung Wah dan Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan.

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyatakan sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat Tabanan dalam menyambut pagelaran PKB XLI kabupaten ini. Wabup yang akrab disapa Sanjaya ini sangat bangga kepada masyarakat Tabanan yang setiap tahunnya mampu menampilkan inovasi-inovasi yang kreatif, mulai dari kesenian hingga UMKM.

Wabup Sanjaya mengatakan hal itu saat membuka kegiatan PKB XLI Kabupaten Tabanan 2019 di kawasan Taman Budaya Tabanan, Jumat (7/6/2019) sore. Pembukaan ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Bali, yaitu tek-tekan.

“Saya melihat setiap tahun semakin maju. Masyarakat Tabanan semakin kreatif, salah satunya melalui ekonomi kreatif di bidang olahan. Apapun hasil produksi di Tabanan benar-benar diolah oleh masyarakat, seperti beras merah diolah menjadi teh beras merah, ada juga kopi diolah menjadi bermacam-macam jenis olahan kopi,” ujar Sanjaya.

PKB kali ini mengusung tema ‘Bayu Premana’, yang artinya memuliakan sumber daya angin. Wabup Sanjaya berpesan agar filosofi tema tersebut dapat dijadikan ilham bagi substansi materi kesenian yang akan ditampilkan pada event Pesta Kesenian Bali untuk tingkat Provinsi Bali di Denpasar nantinya, sehingga makna kesenian yang tampil dapat selaras dengan makna tema yang dicanangkan.

BACA JUGA:  KPU Badung Ajak Parpol Sosialisasikan Surat Suara Pemilu 2019

Selain itu, Wabup Sanjaya juga berharap melalui pagelaran PKB XLI Kabupaten Tabanan ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan UMKM di Tabanan, sehingga pagelaran PKB tidak hanya menjadi ajang formalitas semata. (agw)