Arus Balik Lebaran, Kendaraan Mulai Padati Pelabuhan Gilimanuk

Petugas kepolisian tampak mengawasi pengendara yang keluar masuk Pelabuhan Gilimanuk. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Arus balik Lebaran dari Pulau Jawa ke Bali tampak mulai ramai. Hal ini terlihat dari pos pintu pemeriksaan luar Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, yang dipenuhi ratusan kendaraan baik kendararaan roda empat maupun roda dua.

Usai diperiksa kelengkapan surat-surat kendaraan serta identitas diri seperti KTP oleh petugas Kepolisian serta Satpol PP, para pengendara kemudian tancap gas menuju arah Denpasar dan sekitarnya.

“Hari ini para pemudik mulai balik ke Bali, dari pagi sampai siang sudah ramai,” terang seorang petugas di pos pintu pemeriksaan Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (8/6/2019) petang.

Meski lancar, arus lalu lintas dari arah Gilimanuk menuju Denpasar lumayan padat. Laju kendaraan roda empat hanya berkisar 60 kilometer perjam lantaran banyak pengendara sepeda motor yang mengambil jalur agak ke tengah badan jalan.

Sementara dari arah Denpasar menuju Gilimanuk, kendaraan roda empat yang melintas juga cukup banyak. Mobil berbagai merk dan didominasi nomor polisi luar Bali tersebut merupakan milik wisawatan domestik yang memilih berlibur ke Bali saat hari raya Idul Fitri.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik mudik terjadi pada 8-9 Juni 2019. Karena itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik menghindari tanggal tersebut guna mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan atau kemacetan lalu lintas. (agw)

BACA JUGA:  Bupati Giri Prasta Serahkan Dana Motivasi Ogoh-Ogoh