Air Hidrogen Diklaim Efektif Mencegah Penuaan Dini

Berbagai penelitian menyebutkan bahkan air hidrogen mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menangkal radikal bebas hingga mencegan beragam penyakit kronis. Ternyata, air hidrogen juga baik untuk perawatan kecantikan.

Dilansir dari Elle, masyarakat Jepang sejak zaman dulu percaya bahwa mengonsumsi dan berendam dengan air berkadar hidrogen tinggi bermanfaat baik bagi kulit. Pada 2011 lalu, beberapa peneliti asal Jepang pun mengungkapkan apa saja manfaat air hidrogen.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Photochemistry and Photobiology itu memaparkan, mandi dengan air hidrogen setiap hari selama tiga bulan bisa mengurangi keriput pada leher. Air hidrogen juga bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat radikal bebas dan paparan sinar UV.

Hasil penelitian yang sama juga mengatakan bahwa berendam menggunakan air hidrogen dapat meningkatkan produksi kolagen hingga sebanyak dua kali lipat. Bisa dibilang sangat efektif untuk mencegah penuaan dini, kan?

Dokter kulit dan kecantikan bersertifikasi asal Amerika, Nicholas Perricone, M.D., dikutip dari SELF, mengatakan hidrogen merupakan sebuah molekul kecil yang jika dicerna oleh tubuh akan memiliki kemampuan untuk melewati membran sel dan mengalir ke seluruh aliran darah. Ia dapat bergerak ke dalam pusat energi sel kulit dan menembus inti sel di mana DNA disimpan.

Saat itulah hidrogen akan bekerja menetralkan dan mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Hidrogen juga mampu mengatur molekul yang memberikan rangsangan pada sel untuk memproduksi ratusan enzim antioksidan.

BACA JUGA:  Bupati Eka Apresiasi dan Kukuhkan Desa Geluntung Jadi Desa Wisata Mandiri

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang dikenal sangat kaya antioksidan dan bermanfaat mencegahan penuaan pada kulit. Namun, Perricone berpendapat, memanfaatkan hidrogen sebagai sumber antioksidan jauh lebih efektif.(net)