Peringatan Hari Lahir Pancasila di Denpasar Berlangsung Khidmat

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Denpasar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar bersama seluruh jajaran OPD serta stakeholder terkait memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni.  Peringatan hari lahirnya Dasar Negara Indonesia yang foundamental tersebut dilaksanakan dengan khidmat melalui Apel Bendera yang dipimpin Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Lapangan Lumintang, Sabtu (1/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara menyerahkan piala dan piagam Penilaian Kepegawaian OPD di lingkungan Pemkot Denpasar serta SK Tugas Kepala Sekolah SD dan SMP. Hadir dalam kesempatan tersebut Forkompinda Kota Denpasar, LVRI Kota Denpasar, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hariyono dalam sambutanya yang dibacakan Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menekankan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila memiliki kaitan yang erat dengan semangat dan konsep keyakinan akan Tanah Air Indonesia.

Selain itu, kondisi antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya telah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang menjadi semangat tegaknya Pancasila hingga kini. “Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman,” jelasnya.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa harus terus diperjuangkan bersama. Hal ini tak lepas dari peran Pancasila sebagai dasar negara yang hingga kini dapat menjaga keutuhan dan eksistensi Keindonesiaan baik secara bangsa maupun negara.

Jaya Negara menambahkan, momentum Hari Lahir Pancasila ini merupakan sebuah refleksi bagi kita semua untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Azas bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika harus kita junjung bersama sebagai wujud persatuan dalam keberagaman bangsa,” ujarnya. (tra)

BACA JUGA:  Awas! Merokok Sembarangan di Malioboro Didenda Rp7,5 Juta