Lewat Konsep ‘Bayu Permana’, PKB di Tabanan Kali ini akan Tampil Beda

Rapat Pleno PKB ke 41 Tabanan. (foto : Hms Tabanan)

Beritabalionline.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 di Tabanan akan kembali di gelar pada 7-9 Juni 2019  dengan  tema “Bayu Permana” yang artinya memuliakan sumber daya angin. Dalam PKB ke 41 Kabupaten Tabanan telah menyiapkan berbagai kesenian terbaik daerah yang siap dipentaskan dalam ajang seni budaya tahunan tersebut.

Sebanyak 25 materi/cabang seni yang melibatkan ribuan seniman akan ditampilkan dalam event budaya tersebut, demikian terungkap dalam Rapat Pleno PKB ke 41 Tabanan, Senin(27/5/2019) di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan.

Hadir dalam rapat pleno tersebut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tabanan AA. Gd. Dalem Trisna Ngurah, OPD terkait dan para sekaa yang akan tampil.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan I Gst. Ngurah Supanji  mengatakan, pelaksanaan PKB Kabupaten Tabanan tahun ini akan diselenggarakan berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu dengan melaksanakan seremonial terlebih dahulu dan diikuti dengan penampilan sekaa gong baleganjur yang nantinya juga akan tampil pada PKB tingkat Provinsi.

“PKB Kabupaten Tabanan akan dipusatkan di GWS Tabanan dengan menampilkan pameran kerajinan/kuliner, berbagai lomba, serta gong kebyar anak-anak, wanita dan dewasa,” terangnya.

Dijelaskan, PKB di Kabupaten Tabanan tahun ini mengambil tema Bayu Permana, yaitu konsep memuliakan sumber daya angin. PKB Kabupaten mengacu pada 14 materi dari 25 materi yang diwajibkan.

“PKB Tingkat Kabupaten mengacu pada beberapa materi, yaitu parade, lomba, pagelaran, pameran, dan dokumentasi. Sementara untuk tingkat provinsi, PKB mengacu pada materi ; parade, lomba, pagelaran, pameran, dokumentasi dan sarasehan,” ujarnya.

Untuk PKB Tingkat Provinsi yang akan digelar pada 15 Juni-13 Juli 2019, Pemkab Tabanan telah menyiapkan 20 kesenian. Di antaranya, pawai, parade gong kebyar anak-anak, gong kebyar wanita, gong kebyar dewasa, parade ngelawang, parade wayang kulit dalang remaja, parade topeng panca, parade drama gong remaja, parade drama tari arja, lomba baleganjur, lomba lagu pop daerah Bali, remaja dan anak-anak, lomba topeng bondres inovatif, dan lomba gender wayang anak-anak.

BACA JUGA:  Sukseskan Pemilu, Polresta Denpasar Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Sementara itu Asisten II Setda Kabupaten Tabanan,  Dalem Trisna dalam arahannya berpesan agar para seniman yang nanti tampil di PKB hendaknya membangun kebersamaan dan bangga terhadap kesenian yang ditampilkan.

“Kita harus bangga, karena kita akan menampilkan kesenian-kesenian terbaik yang ada di Kabupaten Tabanan, karena ini juga digunakan sebagai ajang promosi bagi sekaa yang akan tampil. Selain jaga kesehatan supaya nanti bisa tampil maksimal,” pesannya. (tra)