Terseret Arus, KMP Swarna Cakra Kandas Sebelum Berlabuh di Dermaga Padangbai

KMP Swarna Cakra kandas sebelum tiba di Dermaga Pelabuhan Padangbai, Karangasem. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Swarna Cakra kandas setelah terseret arus deras sebelum tiba di Dermaga Pelabuhan Padangbai, Karangasem. Kapal dengan membawa 194 orang penumpang ini sebelumnya berangkat dari Pelabuhan Lembar Lombok, NTB.

“Rencananya kapal tersebut akan berlabuh di pelabuhan Padangbai sekitar pukul 08.00 Wita,” ucap Kepala Kantor Basarnas Bali, Hari Adi Purnomo, Minggu (26/5/2019) di Denpasar.

Hari Adi Purnomo menerangkan, KMP Swarna Cakra berangkat dari Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB, Minggu (26/5/2019) sekitar pukul 00.15 Wita. Sekitar 400 meter arah timur sebelum masuk dermaga, kapal terbawa arus di perairan dangkal dan kandas.

Basarnas yang menerima laporan tiba di lokasi dengan mengerahkan 2 unit Rigid Inflatable Boat (RIB). Selain ombak, kondisi gelap juga membuat proses evakuasi terhadap 194 orang penumpang berjalan lambat.

“Proses evakuasi juga melibatkan speed boat dan beberapa perahu nelayan. Setelah berlangsung sekitar 5 jam lebih, semua penumpang dan ABK berhasil dievakuasi sekitar pukul 12.45 Wita,” kata Purnomo.

Seluruh penumpang lalu dibawa dan dikumpulkan di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai. Sedangkan kapal yang kandas sudah bisa ditarik menuju dermaga oleh Tug Boat milik Pertamina Depo Manggis, Karangasem. (agw)

BACA JUGA:  Dianggap Perkeruh Situasi Politik, Gunastawa Kritik Postingan Elite PDIP Terkait Kedatangan Sandi Uno di Bali