KONI Gianyar Bermodal Rp 8 Milyar Menuju Porprov

Pande Purwata

Beritabalionline.com – KONI Gianyar dalam menghadapi Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan, September mendatang, bermodalkan Rp 8 Miliar dari bantuan Pemkab Gianyar. Jumlah itu tidak termasuk bonus atlet dan pelatih peraih medali. Ketua Umum KONI Gianyar, Pande Purwata menjelaskan, dana itu untuk 38 cabor yang mengikuti Porprov Bali, plus tiga cabor yang tidak ikut di multi even tersebut.

Dana itu, pastinya juga untuk operasional KONI Gianyar dalam setahun. Tapi untuk 3 cabor yang absen di Porprov Bali, biar adil harus dibantu juga. Anggaran 8 Milyar itu digunakan untuk persiapan cabor mulai dari seleksi, mengikuti training camp (TC) sentralisasi, try out, even internal cabor seperti Bupati Gianyar Cup, akomodasi, uang saku atlet/pelatih dan pakaian mereka,” jelas Pande Purwata Selasa (21/5/2019).

Pada Porprov di Tabanan, Gianyar berkekutan 850 orang dengan 750 diantaranya adalah atlet. Karena itulah pihaknya berharap stigma masyarakat jika bantuan dana yang didapat itu nilainya besar tidak ada. Pasalanya jika dikalkulasikan, dana tersebut terbilang masih kecil.

”Bahkan, jika tidak ada Porprov Bali, biasanya dibantu 3-4 milyar. Itu untuk dana pembinaan serta operasional. Menyoal anggaran untuk pemberian bonus, itu sudah diajukan di perubahan dengan estimasi Rp 9 milyar. Nantinya, jumlah itu diberikan kepada atlet peraih emas, perak dan perunggu di kategori perorangan serta beregu. Begitu juga soal pelatih, juga wajib diberikan penghargaan atas jasanya dalam mencetak atlet yang berprestasi,” terang Purwata.

Terkait persiapan, diakuinya saat ini sebagian besar cabang olahraga (cabor) sudah membentuk tim definitif. Tapi ada cabor yang masih tim bayangan, karena itu tergantung dari seleksi internal masing-masing cabor. “Contohnya pencak silat, yang seleksinya lumayan lama karena atletnya dari berbagai perguruan,” tandas Purwata. (wrb)

BACA JUGA:  Klasemen Akhir Asian Para Games, Indonesia Kelima, China Juara Umum