Bantu Petani, Koramil Abang Buatkan Jamban Sehat

Anggota Koramil 1623-02/Abang tengah membangun jamban sehat untuk warga. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Raut wajah I Gede Surata, warga Banjar Dinas Merta Sari, Desa Culik, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem tampak sumringah. Harapannya untuk memilki jamban sehat di rumahnya terwujud berkat bantuan Koramil 1623-02/Abang.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, tapi yakinlah apa yang bisa kami bantu akan sangat berguna,” ungkap Komandan Koramil 1623-02/Abang Kapten Cpl I Gusti Made Darsana dalam keterangannya, Selasa (7/5/2019).

Di samping digunakan untuk Gede Surata dan sekeluarga, jamban yang dibangun bekerjasama dengan beberapa pihak juga diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat penyungsung Pura Gunung Mas yang jumlahnya sekitar 29 kepala keluarga disaat pelaksanaan puja wali atau piodalan.

“Karena lokasi rumah Gede Surata cukup dekat dengan Pura tersebut. Di samping itu ketersediaan air juga cukup banyak, sehingga diyakini keberaadaan jamban ini pasti sangat berguna bagi masyarakat sekitarnya,” papar Danramil yang diamini oleh I Nyoman Tulus selaku Pemangku atau rohaniawan pada Pura tersebut, serta Made Suradnya Kelian Banjar Dinas Merta Sari.

Dalam kesempatan tersebut Danramil menambahkan, keberadaan Babinsa di wilayah masing-masing diharapkan bisa berbuat untuk membantu apa yang menjadi kebutuhan warga setempat. Seperti dilakukan Babinsa Desa Culik, Koptu I Wayan Budi Swastika.

Ketepatan pemilihan lokasi yang dilakukan oleh Babinsa Culik, Koptu Budi Swastika dan semangatnya untuk ikut bekerja membangun jamban di rumah Gede Surata yang sehari-hari sebagai petani patut diapresiasi.

Dijelaskan oleh Danramil, wilayah Kecamatan Abang, Karangasem yang berada di kaki Gunung Agung, di mana masyarakatnya kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani dan buruh menunjukkan tarap perekonomiannya tergolong menengah ke bawah.

“Masih banyak warga yang tergolong sebagai warga miskin. Sehingga untuk mewujudkan hidup yang layak masih ada beberapa kendala yang membutuhkan pemecahan untuk mengatasinya,” kata Danramil.

BACA JUGA:  Disdik Akan Lakukan Optimalisasi PPDB

Sementara, Kepala Desa Culik Ida Nyoman Jaksa berharap ke depan tetap ada usaha Babinsa untuk membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan.

“Semoga ke depan semakin banyak donatur yang bisa menyiapkan bahan dan kami anggota Koramil siap untuk mengerjakan,” ucap Danramil kepada Kepala Desa Culik. (agw)