Pemkab Gianyar Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah di Jalan

Wayan Kujus Pawitra(foto: ist).

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui  Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengimbau masyarakat  untuk memperhatikan sampah – sampah yang akan dibawa ke tempat pembuangan sampah agar tidak tercercer di jalanan.

“Ada laporan warga terkait ada yang membuang sampah di jalan. Kondisi ini sangat mengganggu pengendara dan menimbulkan pemandangan tidak sedap,” ucap Kadis Lingkungan Hidup, Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, Selasa (7/5/2019).

Pihaknya memastikan sampah tersebut tidak dijatuhkan oleh armada  pengangkut sampah DLH.  Mengingat sampah di truk sebelum dibuang ke TPA dalam keadaan tertutup jaring dan tidak terbungkus.

Seperti dikehtahui sebelumnya ada laporan terkait sampah yang dijatuhkan di By Pass Dharma Giri. Diduga jatuh dengan tidak sengaja atau memang sengaja dijatuhkan.

“Sampah pada truk pengangkut cecerannya tidak akan satu, yang jelas dari laporan dan poto, sampah tersebut terbungkus kresek,” ujarnya.

Diduga sampah tersebut dibawa pengendara sepeda motor, yang dalam keadaan lalai membawa sampah dan ketika jatuh dibiarkan berserakan di jalan.

Diimbau, masyarakat lebih cermat saat akan membuang sampah di tempat penampungan sementara. Kasus lain terjadi di jalan raya Teges Ubud-Tengkulak Sukawati.

Di jalan ini ada saja sampah yang jatuh di jalan. “Selama ini masyarakat menuntut kebersihan, Pemkab melalui DLH sudah melakukan berbagai upaya, namun jangan ada yang membuat jalanan menjadi kotor,” ucapnya.

“Diharapkan, muncul peran aktif semua pihak, baik dari pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha dalam pengelolaan sampah, serta bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan terlebih Kabupaten Gianyar ini adalah milik bersama,” pungkasnya. (yes)

BACA JUGA:  Main Handphone saat Hujan, 2 Buruh Tewas Disambar Petir