Lubang Menganga Tiba-tiba Muncul di Desa Adat Bualu, Kuta Selatan, Bali

Lubang yang menganga di Desa Adat Bualu, Kuta selatan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Lubang menganga sepanjang kurang lebih tiga meter dan lebar bagian tengah 1,5 meter, tiba-tiba muncul di belahan Desa Adat Bualu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Petugas BPBD Kabupaten Badung yang turun ke lokasi kejadian, Jumat (3/5) siang melaporkan, selain lubang dengan kedalaman yang belum dapat dipastikan karena bagian ujung yang gelap, juga di sekitar tempat itu terjadi retakan tanah memanjang kurang lebih sejauh 100 meter.

Kemunculan lubang di areal proyek pembangunan SMAN 2 Kuta Selatan itu, juga telah mengakibatkan bagian tembok penyengker sekolah retak-retak sepanjang kurang lebih 15 meter.

Lubang menganga yang oleh penduduk setempat disebut goa, tiba-tiba muncul tanpa ada gelagat yang mencurigakan sebelumnya. “Tidak ada getaran semacam gempa atau suara-suara gemuruh yang timbul di tempat kejadian, baik sebelum maupun sesudah kemunculan goa,” ujar Ketut Sadiada (45), warga setempat.

Demikian pula beberapa pekerja yang tengah menggarap proyek pembangunan di SMAN 2 Kuta Selatan, mengaku tidak melihat dan mendengar adanya gejala keanehan sebelum dan sesudah kemunculan lubang menganga yang mirip goa yang cukup dalam tersebut.

Baik pihak BPBD maupun petugas kepolisian yang siang itu turun ke tempat kejadian, belum dapat menyebutkan penyebab timbulnya goa, atau bagian permukaan tanah yang ambles hingga menimbulkan lubang yang cukup dalam. (agw)

BACA JUGA:  Ratusan Delegasi IMF-WB Kunjungi Penglipuran