Dokkes Polda Bali Dorong BPBD Provinsi Bali Miliki Tim DVI

Kalaksa BPBD Provinsi Bali Made Rentin saat menerima kunjungan Dokkes Polda Bali yang dipimpin oleh Kepala Bidang Dokkes Kombes Pol. Dr. Nyoman Edi (foto : ist)
Beritabalionline.com – Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali Made Rentin didampingi Sekretaris BPBD dan Kepala UPTD menerima kunjungan Dokkes Polda Bali yang dipimpin oleh Kepala Bidang Dokkes Kombes Pol. Dr. Nyoman Edi bersama tiga orang anggota.
Mengawali perbincangan kedua pejabat yang sama-sama baru bertugas (hitungan bulan) saling bertukar informasi dalam pelaksanaan tugas, dan berkeinginan untuk memperkuat koordinasi dan kerjasama.”Kami mengapresiasi dan berterima kasih karena selama ini pihak Polda Bali khususnya Bidang Dokkes telah banyak membantu baik dalam upaya peningkatan kapasitas personel maupun upaya identifikasi korban bencana,” kata Made Rentin di ruang kerjanya, Kamis (2/5/2019).

Dalam catatan yang ada di BPBD Provinsi Bali kata Made Rentin, tahun 2017 sudah pernah dilakanakan Pelatihan DVI (Disaster Victim Identification) melibatkan lintas instansi termasuk BPBD. Pelatihan ini sebagai upaya mewujudkan personil yang profesional, modern, terpercaya dalam menangani bencana massal di wilayah Provinsi Bali.

Lebih lanjut Kalaksa BPBD Provinsi Bali menjelaskan, pelatihan yang sudah pernah dilaksanakan itu, sebagai wujud sinergitas semua pihak, dan urusan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab BPBD semata, tetapi urusan semua orang dan multi pihak.

Kabid Dokkes Polda Bali Kombes Pol. Dr. Nyoman Edi, secara singkat menguraikan tugas utamanya bahwa proses identifikasi menjadi satu hal yang wajib untuk dilakukan terhadap korban bencana.

“Keakuratan dan ketepatan atas hasil dari proses identifikasi menjadi mutlak, sehingga diperlukan tenaga-tenaga yang profesional dan terampil agar kesalahan ataupun kekeliruan dalam proses identifikasi dapat diminimalisir atau bahkan ditiadakan,” ucapnya.

Lebih lanjut perwira melati tiga di pundak itu menyampaikan harapan agar BPBD Provinsi Bali mempunyai Tim DVI yang terlatih dan bersifat permanen serta dalam pelaksanaan tugasnya memerlukan kerjasama dan dukungan berbagai pihak. (agw)

BACA JUGA:  Ibu Hamil Lahirkan di Mobil Patroli Polisi Tanpa Bantuan Medis di Gianyar