KPUD Gianyar Pastikan Pleno Sesuai Tahapan

Putu Agus Tirta Suguna.(foto:ist).

Beritabalionline.com – KPUD Gianyar merencanakan pleno  sesuai tahapan, yakni penghitungan suara untuk kursi DPRD Gianyar pada 6 Mei mendatang. Sedangkan penghitungan suara untuk Pilpres, DPD, DPR RI hasilnya akan dikirimpkan ke KPU Pusat dan pleno DPRD Bali akan diserahkan ke KPU Provinsi. Pleno KPUD Gianyar mengambil tempat di Rumah Luwih. “Estimasi kami, pleno tujuh kecamatan tuntas dalam sehari,” jelas Ketua KPUD Gianyar, Putu Agus Tirta Suguna, Rabu (1/5/2019).

Sedangkan untuk pleno di tingkat kecamatan, yang pertama menyelesaikan pleno adalah Kecamatan Tampaksiring diikuti Kecamatan Sukawati, penyelesaiannya Senin kemarin. Menurutnya, pleno di masing-masing kecamatan paling lambat selesai 4 Mei mendatang, namun beberapa kecamatan ada yang sudah selesai dan ada yang masih berproses. “Semua kecamatan tuntas 30 Mei, beberapa sudah menjelang finish dan dalam tahap membuat berita acara,” jelas Tirta Suguna.

Menyoal penyelenggara Pemilu yang mengalami kelelahan dan sampai jatuh sakit, KPUD Gianyar sebelumnya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. “Kami (KPU) sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, jadi pada tempat berlangsungnya pleno kecamatan sudah ada petugas medis yang stand by,” jelas Tirta Suguna. Namun dikatakannya, sampai saat ini, KPUD Gianyar tidak menerima laporan ada petugas Pemilu yang sampai kolaps, sakit atau meninggal. Hal tersebut dikarenakan prosesnya panjang, melelahkan dan memerlukan konsentrasi yang tinggi. Bahkan dikatakannya, komisioner KPU juga kelelahan mengawal proses demokrasi. “Ketua KPU juga sempat sakit,” jelasnya sambil tertawa.

Menyoal pleno kursi DPRD Gianyar, Tirta Suguna mengakui banyak menerima pesan dari caleg tertentu apakah dirinya lolos atau tidak. Namun dirinya menjelaskan, tidak tahu sama sekali siapa-siapa yang lolos. Tirta Suguna berharap, caleg tetap menunggu hasil pleno 6 Mei mendatang. “Saya sama sekali belum tahu siapa yang lolos, kecuali nanti pada 6 Mei, ketika dibacakan final hasil pleno. Kalau bertanya sekarang, pasti saya jawab tidak tahu,” tutupnya.(yes)

BACA JUGA:  SAR Hentikan Pencarian Nelayan Buleleng yang Hilang saat Melaut