HUT ke-248, Kota Gianyar Lombakan Sapi Ternak Bali

Bupati Gianyar melihat sapi-sapi Bali yang ikut dilombakan dalam rangka HUT Gianyar ke-248.(foto: yesi).

 Beritabalionline.com – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-248, Kota Gianyar, Bali menyelenggarakan berbagai lomba yang salah satunya Lomba Ternak Sapi Bali Tahun 2019.

“Lomba diikuti oleh dua sapi perwakilan dari masing-masing kecamatan di Lapangan Astina Gianyar,” kata I Made Raka, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, selaku ketua panitia lomba, di Gianyar Minggu (28/4/2019).

Lomba Ternak Sapi Bali dihadiri oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Wakil Bupati Anak Agung Gde Mayun, Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia I Ketut Diarmita, dan Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkab Gianyar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar mengatakan persyaratan dan kriteria ternak yang ikut lomba di antaranya kondisi sehat, tidak memiliki cacat fisik, mempunyai kemampuan reproduksi yang normal, dan memenuhi ciri khas sapi Bali dengan syarat kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Lebih lanjut I Made Raka menjelaskan penilaian sapi yang mengikuti lomba sekarang ini sudah terseleksi terlebih dahulu di tingkat kecamatan masing-masing, dari 44 ekor sapi yang ada di 7 kecamatan dipilih dua ekor sapi dari masing masing kecamatan yang terbaik maju di tingkat kabupaten. Bupati Gianyar I Made Mahayastra, terlihat sangat antusias dengan perlombaan sapi Bali.

“Penyelenggaraan lomba ternak sapi Bali ini merupakan momentum yang sangat baik dan tepat, mengingat sub sektor peternakan memegang peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah maupun nasional,” katanya.

Peternakan juga telah menunjukkan sektor ini memiliki ketangguhan dalam menghadapi situasi krisis, ini memberikan indikasi bahwa sektor peternakan adalah komoditas yang sangat prospektif untuk dikembangkan di masa datang serta dapat menjadi potensi sebagai sumber pertumbuhan baru dalam pembangunan pertanian kedepan.

BACA JUGA:  TPQ Daarul Qur'an Denpasar Wisuda 42 Santriwan dan Satriwati

Bupati Mahyastra berharap melalui kegiatan lomba ini akan memotivasi peternak meningkatkan kualitas ternak dan dengan tersedianya sapi-sapi unggul sehingga dapat dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu sapi Bali dengan selalu menjaga kemurnian dan pelestariannya.

“Di samping itu juga, kegiatan ini bentuk apresiasi kepada peternak yang telah menghasilkan bibit unggul di Kabupaten Gianyar,” kata Bupati Gianyar.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan dengan adanya lomba ternak sapi Bali di Kabupaten Gianyar, memotivasi pihaknya untuk ikut mengawal peternakan yang ada di Gianyar guna berupaya meningkatkan mutu dan populasi ternak supaya bisa memenuhi kebutuhan protein hewani.(yes)