Buleleng Terima DAU Tambahan untuk Dana Kelurahan Rp6,6 Miliar

Plt Kepala BKD Kabupaten Buleleng Gede Suyasa. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali menerima Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan untuk bantuan dana kelurahan dari pemerintah pusat dengan nilai keseluruhan sebesar Rp6,6 miliar.

“Jumlah dana kelurahan itu dibagi rata sebanyak 19 kelurahan yang ada di Kabupaten Buleleng dengan menerima masing-masing Rp352 juta ,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa di Singaraja, Buleleng, Jumat (26/4/2019).

Melihat perkembangan desa dengan dana desa yang ada, katanya, pemerintah pun melaksanakan program dana kelurahan. Kelurahan yang selama ini tidak mendapatkan dana lewat DAU, tahun ini melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 diberi DAU tambahan.

“DAU tambahan ini diperuntukkan kelurahan. Di Buleleng sendiri terdapat 19 kelurahan. Pemberian anggarannya disesuaikan dengan kategori daerah. Kebetulan, Kabupaten Buleleng berkategori baik sehingga diberikan porsi setiap kelurahan sebesar Rp352 juta,” katanya.

Berdasarkan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, dana kelurahan digunakan membiayai dua hal besar yakni pembangunan sarana prasarana kelurahan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

“DAU tambahan untuk dana kelurahan ini hanya untuk dua hal besar di atas. Dua hal besar itu yang harus dijawab melalui dana kelurahan yang diberikan,” ujarnya.

Dengan dana kelurahan ini, pemerintahan di kelurahan diharapkan melakukan musyawarah untuk menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan dan telah disepakati seluruh pihak seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di masing-masing kelurahan. (itn)

BACA JUGA:  Wabup Komang Sanjaya Silaturahmi dengan Warga Tionghoa di Vihara Dharma Gita, Tabanan