Tingkatkan Kecintaan Terhadap Bahasa Bali, Gianyar Gelar Lomba Nyastra

Pelaksanaan lomba sastra di Balai Budaya Gianyar.(foto: yesi).

Beritabalionline.com – Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar menggelar lomba sastra Bali untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Perlombaan itu serangkaian perayaan HUT ke-248 Kota Gianyar yang dipusatkan di Balai Budaya, Kamis (25/4/2019).

Plt. Kabid Dokumentasi Kebudayaan Dinas Kebudayaan Gianyar, Cokorda Dalem Krisnadi W, menjelaskan, lomba yang diadakan selama dua hari (25- 26 April) ini merupakan kerja sama antara Widya Sabha Dharmagitha Kabupaten Gianyar dan penyuluh Bahasa Bali yang bertugas dj Gianyar.

 “Lomba terdiri atas mesatua Bali dan macacimpedan tingkat SD. Lomba ngrupak (menulis aksara Bali di lontar) tingkat SMP, dan lomba ngawacen lontar tingkat SLTA,” terangnya.

Menurutnya, lomba satra Bali digelar, mengingat Bahasa Bali sebagai bahasa ibu, saat ini tidak terlalu diminati sebagai bahasa pergaulan sehari-hari. Anak-anak  cenderung menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama dan Bahasa Inggris agar terkesan modern. Lomba ini diharapkan dapat membangkitkan kecintaan terhadap Bahasa Bali.

“Lomba ini juga untuk mendukung Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.  Selain itu, juga untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadaap bahasa dan Sastra Bali,” jelas Cok. Dalem Krisnadi.

Kasi Pengkajian dan Pengembangan Kebudayaan Disbud Gianyar, Ni Made Sitiari,SS menambahkan, lomba ini rutin digelar setiap tahun. Meski demikian, lomba nyastra tidak pernah sepi peminat maupun pengunjung. Hal ini terbukti dari banyaknya pengunjung yang melihat jalannya lomba.

“Lomba ini juga bertujuan menjaring bibit- bibit potensial dalam bidang seni sastra Bali. Juara pertama lomba ini berhak mewakili Kabupaten Gianyar di PKB Bali 2019 nanti,” imbuhnya.(yes)

BACA JUGA:  Tabung Kompor Meledak, Pasutri Asal Madura Alami Luka Bakar