Bandar Ngurah Rai Operasikan Kembali Seluruh Check-In Counter di Terminal Keberangkatan Domestik

Haruman Sulaksono berikan arahan sebelum check-in counter di Terminal Domestik kembali beroperasi (foto : ist)
Beritabalionline.com – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengoperasikan kembali seluruh check-in counter yang ada di Terminal Keberangkatan Domestik, yang sebelumnya terdampak akibat insiden kebakaran.
“Setelah kami lakukan evaluasi menyeluruh pada kondisi terminal dan fasilitas meja check-in pasca insiden kebakaran kemarin, hari ini dapat kami simpulkan bahwa seluruh fasilitas yang terdampak, dinyatakan laik operasi kembali,” terang General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono, Senin (22/4/2019).
Haruman juga mengatakan, layanan check-in untuk seluruh penerbangan rute domestik dari maskapai penerbangan yang sempat berpindah ke Terminal Internasional, yaitu Air Asia, Travira Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, akan beroperasi kembali di Terminal Keberangkatan Domestik, Selasa (23/4/2019).
Insiden kebakaran yang terjadi di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kamis (18/4/2019) pekan lalu sempat mengakibatkan terganggunya layanan check-in untuk penumpang penerbangan rute domestik. Meja check-in nomor 23-62 terpaksa dinonaktifkan untuk sementara demi alasan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandar udara.
Dengan beroperasinya kembali seluruh meja check-in untuk penerbangan domestik dari semua maskapai penerbangan, diharapkan dapat mengembalikan standar pelayanan kepada penumpang.
“Pengoperasian kembali seluruh meja check-in ini telah melalui serangkaian prosedur pengecekan, terutama dari sisi keamanan dan keselamatan. Dengan beroperasinya kembali seluruh check-in counter ini, kami harap dapat kembali memberikan kemudahan bagi seluruh penumpang,” kata Haruman.
Selain pengoperasian kembali seluruh meja check-in di Terminal Domestik, fasilitas eskalator dan elevator juga sudah dapat kembali dipergunakan oleh pengguna jasa bandar udara. Fasilitas mesin screening check-point 2 (SCP 2) di sisi barat juga telah berfungsi kembali, dan dapat kembali dilalui oleh penumpang seperti sedia kala.
“Sedangkan untuk pre screening check-point yang merupakan pemeriksaan keamanan tahap pertama bagi calon penumpang dan pengguna jasa, akan dipersiapkan terlebih dahulu sistem satu pintu. Selain itu, sistem random checking yang akan dilakukan oleh personel Aviation Security serta optimalisasi kamera CCTV untuk profiling calon penumpang dan pengguna jasa bandar udara, turut serta akan diterapkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan,” ucap Haruman. (agw)
BACA JUGA:  Usai Gelar Upacara Pernikahan, 21 Warga di Klungkung Positif Covid-19