PDIP Bali Berpotensi Loloskan 7 Kadernya ke Senayan

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, I Wayan Koster. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Keberhasilan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin dalam meraup suara lebih dari 90 persen di Pulau Dewata pada Pemilu serentak 2019, tampaknya membawa imbas positif bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bali.

Dengan perolehan suara tersebut, maka PDIP Bali berpotensi meloloskan 7 kadernya untuk merebut kursi DPR RI di Senayan, kata Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, I Wayan Koster yang juga Gubernur Bali dalam keterangan persnya di Denpasar, Kamis (18/4/2019) sore.

Menurut Koster, Pada Pemilu Legislatif sebelumnya, PDIP Bali hanya berhasil meloloskan 4 kadernya ke Senayan. Untuk Pemilu Serentak kali ini, PDIP Bali sudah memastikan akan merebut 6 kursi di DPR RI, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa bertambah 1 kursi, sehingga total menjadi 7 kursi.

Adapun nama kader PDIP Bali yang dipastikan bakal lolos ke Senayan adalah Made Urip, Nyoman Parta, I GN Kesuma Kelakan, Wayan Sudirta, Ketut Kariasa Adnyana dan I Gusti Agung Wirajaya.

“Sebelumnya saya menargetkan lima kursi sudah pasti tercapai, tetapi berdasarkan hitung-hitungan survei di internal PDIP sendiri dan suara yang diraih di Pemilu serentak 2019, PDIP Bali mampu merebut enam kursi DPR RI, dan ada potensi tujuh kursi,” kata Koster.

Perolehan ini, jelas Koster, sesuai target dari PDIP yaitu sebesar 55 persen. “Nanti akan ada penghargaan kepada bupati yang erupakan kader PDIP, yaitu dilanjutkan jabatannya (dua periode),  begitu juga untuk wakil bupati nantinya akan dinaikan jadi bupati,” tandasnya.

Tidak hanya itu, atas kerja keras elite politik dan pimpinan partai, dirinya juga berkomitmen akan memberi penghargaan khusus pada kader terbaik PDIP. Ditanya, penghargaan yang diberikan nanti dalam bentuk apa? Koster belum bisa menyebutkan. “Yang jelas, nanti pasti ada,” jawabnya singkat.

BACA JUGA:  Bupati Mas Sumantri Tinjau Skema New Normal Life di Pasar

Berdasarkan prediksi penghitungan sementara Pemilu serentak 2019 di Bali, jika PDIP berhasil merebut 6 kursi DPR RI, maka dapat dipastikan partai yang lain seperti Golkar, Demokrat dan Nasdem masing-masing hanya kebagian 1 kursi. Sementara partai lain tinggal “gigit jari”. (tra)