Polda Bali Siagakan 6.000 Lebih Personel Amankan TPS

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kepolisian Daerah (Polda) Bali menyaiagakan sebanyak 6.557 anggota personel untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali, guna tercipta pelaksanaan Pilpres dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 yang lancar, aman, dan kondusif.

“Saya berharap seluruh anggota Polda Bali siap siaga mengamankan tahapan pengamanan pemilu,” kata Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, dalam gelar Apel Kesiapan Pergeseran Personel Pengamanan Pemilu 2019, di Mapolda Bali, Denpasar, Senin (15/4/2019) pagi.

Untuk pengamanan pada masing-masing TPS se-Bali itu, Polda Bali juga dibantu anggota Linmas yang ada di sembilan kabupaten/kota di Bali dengan jumlah 24.768 personel. Polda Bali dibantu anggota TNI dengan jumlah 792 personel.

“Dengan adanya sinergitas ini diharapkan dapat tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah Bali pada saat pencoblosan nanti,” harap Kapolda.

Dijelaskan Kapolda, Provinsi Bali menjadi provinsi dalam kategori teraman kedua setelah Kalimantan Utara dalam Pemilu dan Pileg 2019.

“Kalau sebelumnya, dari indeks kerawanan sebelum pemilu gubernur yang lalu, sampai dengan 2017 itu, kita dianggap daerah rawan. Tapi sekarang kita tidak jadi daerah yang rawan lagi,” ujar jenderal bintang dua ini.

Indeks tersebut, lanjut Kapolda, ditentukan oleh Bawaslu maupun Mabes Polri. Saat ini menurut penilaian Bawaslu, Bali urutan kedua teraman sesudah Kalimantan Utara dan provinsilain di seluruh Indonesia.

Usai gelar apel kesiapan, Kapolda Bali beserta seluruh Pejabat Utama Polda Bali melakukan pengecekan pasukan yang akan melaksanakan pengamanan di TPS di seluruh wilayah Bali. (agw)

BACA JUGA:  Warga Muslim Bali Anggap Konsep Pariwisata Halal Sandiaga Uno Tak Masuk Akal