Dua Bulan, Polda Bali Tangkap 9 WNA Bulgaria Pelaku Skimming

Empat WNA Bulgaria pelaku skimming saat ekspose kasus di Polda Bali (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)
Beritabalionline.com – Kasus pembobolan dana nasabah bank dengan metode skimming (mencuri data nasabah) berulangkali berhasil diungkap Kepolisian Daerah Bali. Pelaku yang diamankan rata-rata warga negara asing.
“Dalam dua bulan terakhir, kita mengamankan 9 orang pelaku skimming. Mereka warga negara asing asal Bulgaria,” kata Direktur Reskrimum Polda Bali Kombes Pol Andi Fairan saat ekspose hasil Operasi Sikat Agung 2019 di Mapolda Bali, Jumat (12/4/2019).
Terbaru, Polda Bali menangkap 4 WNA asal Bulgaria yaitu Kaloyan Kirilov Spasov (38), Nikolay Valentino Dinev (39), Lyubomir Todorov Bogdanov (33) dan Valentin Chavdarov Galchev (31). Keempat tersangka dibekuk saat beraksi di sebuah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di area minimart Nirmala Pecatu, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Rabu (10/4/2019) sekitar pukul 02.30 Wita.
Kombes Andi Fairan mengatakan, pihaknya terkadang kesulitan untuk melakukan pengembangan dalam kasus tersebut. Selain tidak bisa berbahasa Inggris, komplotan kejahatan internasional ini lebih memilih tutup mulut saat diperiksa oleh petugas.
“Gerakan tutup mulutnya luar biasa, tidak mau memberikan keterangan saat diperiksa, bahkan mereka seakan-akan tidak saling mengenal, ini yang terkadang menghambat kita dalam melakukan pengembangan,” bebernya.
Banyaknya warga asing menjadi pelaku kejahatan skimming, Polda Bali berkoordinasi dengan imigrasi untuk lebih memperketat pengawasan terhadap WNA terutama warganegara Bulgaria dan Rusia.
“Kedepan untuk memberi efek jera, saya akan menyampaikan kepada anggota untuk lebih tegas lagi, dan bahkan kalau perlu, kita lumpuhkan supaya mereka tidak menjadikan Bali ini tempat mereka untuk melakukan kejahatan skimming,” tegas Dirkrimum Kombes Andi Fairan. (agw)
BACA JUGA:  Brankas Perusahaan Dibobol, Kawanan Rampok Gasak Uang Rp100 Juta