Polda Bali Tangkap Tiga WNA Bulgaria Pelaku Skimming

Tiga WNA asal Bulgaria pelaku pencurian data nasabah bank (foto : ist)
Beritabalionline.com – Polda Bali kembali mengungkap kasus kejahatan pencurian data nasabah bank (Skimming). Tiga orang pelaku yang merupakan warga negara asing asal Bulgaria, Kaloyan Kirilov Spasov, Nikolay Valentino Dinev, dan Lyubomir Todorov Bogdanov ditangkap dalam kasus tersebut.
“Tiga orang tersangka ini merupakan jaringan kasus pencurian data nasabah, jadi mereka mencuri data nasabah di Pulau Bali,” jelas Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Hengky Widjaja saat dikonfirmasi, Kamis (11/4/2019) malam.
Pengungkapan kasus yang kerap terjadi di Bali ini berdasarkan informasi dari salah satu pihak bank di Bali, yang menemukan adanya kegiatan transaksi penarikan uang yang tidak wajar di Kawasan Pecatu, awal bulan April 2019. Tim Resmob Kriminal Umum Polda Bali kemudian mendatangi lokasi ATM.
Berbekal ciri-ciri serta wajah para tersangka yang diperoleh dari rekaman CCTV di dalam mesin ATM, petugas bergerak cepat melakukan penyelidikan.
Ketika sedang melakukan survailence (melakukan pemantauan) di lapangan, Rabu (10/4/2019) sekitar pukul 02. 30 Wita, petugas mencurigai sebuah mobil Suzuki Ertiga yang parkir di area minimart Nirmala Pecatu, Jimbaran, Kuta Selatan.
Saat didekati, Unit Resmob Ditreskrimum Polda Bali melihat ada orang asing dengan wajah mirip pelaku pembobol data nasabah bank tengah bertransaksi di dalam mesin ATM Mandiri. Petugas juga melihat dua orang asing berada di dalam mobil.
Tanpa membuang waktu lama, petugas lalu melakukan penangkapan terhadap ketiga orang asing tersebut. Guna melakukan pengembangan, ketiganya dibawa ke villa tempat mereka menginap yang berada di daerah Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
“Hasil penggeledahan, ditemukan satu buah router, satu buah panes camera, satu buah mall disainplat hidencam, tiga buah laptop, dua buah dompet, dua buah handphone merk Samsung serta uang sebesar Rp2 juta. Besok kami rilis kasusnya,” terang Kabid Humas. (agw)
BACA JUGA:  Ditangkap Selundupkan Sabu Cair, Importir Argentina Berkilah Mengidap Bipolar