Bupati Tabanan Dukung Pameran Pertiwi Jati

Bupati Eka saat menerima audiensi BPJ.(foto:ist).

Beritabalionline.com – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mendukung rencana pameran yang akan diselenggarakan Yayasan Bhakti Pertiwi Jati (BPJ). Hal itu terungkap saat orang nomer satu di Bumi Lumbung Beras tersebut menerima audiensi pengurus BPJ, Selasa (2/4/2019) sore di kediamannya di Desa Angseri, Baturiti, Tabanan.

Dihadapan bupati perempuan pertama di Bali tersebut, ketua BPJ I Made Bakti Wiasa menyebutkan BPJ merupakan sebuah organisasi yang memiliki kepedulian terkait dengan situs-ritus Nusantara. Pembongkaran situs-situs saat ini baik sengaja maupun tidak disengaja telah melemahkan keselarasan bumi pertiwi.

Dijelaskannya, keselarasan bumi pertiwi yang mempunyai keterkaitan dengan kesuburan gunung, daratan, dan lautan serta udara, tentu harus dihormati oleh masyarakatnya.

“Tujuannya jelas agar kita mewariskan tatanan pertiwi yang harmoni kepada generasi berikutnya,” ungkapnya.

Bakti Wiasa menambahkan, BPJ merupakan organisasi yang peduli terhadap situs dan ritus bangkitnya Nusantara dan menyelamatkan tatanan pengetahuan yang tersimpan di dalamnya. Segala aplikasi pada situs dan ritus yang tersimpan didalamnya adalah sebagai pemujaan kesuburan dan keselarasan semesta. Dengan itu sangat jelas bahwa para leluhur telah menerapkan pengetahuan sejati atau suci dengan mengaplikasikan pengetahuan yang sangat akurat, matematis serta astronomis pada situs-ritus di Bali dan Nusantara secara umum.

Lebih jauh lagi Bakti Wiasa mengatakan bahwa sejak beberapa tahun terakhir BPJ telah melakukan survei lapangan terhadap berbagai situs dan ritus diberbagai tempat di Bali. Bertujuan untuk mengajak masyarakat Bali untuk mengetahui pesan-pesan bijak tersebut, BPJ akan menggelar pameran di Denpasar pada Akhir April hingga awal Mei 2019 ini.

Dalam pameran tersebut, jgua akan diisi dengan berbagai kegiatan lainnya. Seperti fokus grup diskusi dan lainnya.

“Kami sangat berharap Ibu Bupati merestui dan mendukung kegiatan kami tersebut,” ujar Bakti Wiasa.

BACA JUGA:  Respons Keluhan Masyarakat, Pemkab Gianyar Bentuk Tim Medsos

Menanggapi pemaparan Bakti Wiasa, Bupati Eka menyebutkan rasa salutnya terhadap fokus kegiatan yang dilakukan BPJ. Bupati juga merestui dan sangat mendukung BPJ untuk melakukan studi lapangan di situs-situs yang ada di Tabanan.

“Ini kegiatan positif dan mulia. Saya sangat bangga ada sekelompok generasi muda yang sangat peduli dan mau melestarikan warisan leluhur,” pujinya.

Bupati Eka bahkan mengajak BPJ untuk menyelenggarakan kegiatan di Tabanan. Misalnya menggelar pameran atau juga semacam diskusi dengan materi hasil studi lapangan terhadap situs-ritus yang ada di Tabanan.(huk)