November 2019, Tarif Tol Bali Mandara Akan Disesuaikan

gerbang Tol Bali Mandara.(foto:net).

Beritabalionline.com – Setidaknya 15 ruas tol di Tanah Air akan mengalami penyesuaian tarif pada tahun 2019. Sinyal itu telah diberikan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tol Bali Mandara menjadi 1 dari 15 ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif.

Direktur Utama PT. Jasamarga Bali Tol (JBT), Enkky Sasono kepada wartawan mengakui rencana tersebut. Menurutnya, nilai penyesuaian tarif tol sepanjang 8km itu akan mempertimbangan beberapa indikator. Salah satunya adalah besaran inflasi daerah. Pihaknya memperkirakan, penyesuaian tarif akan dijadwalkan pada November 2019.

“Ya jadi secara regulasi memang ditentukan setiap dua tahun sekali akan ada penyesuaian tarif. Dimana formulanya adalah sebesar angka inflasi saja. Jadi ini bukan sebuah kenaikan, tetapi menetapkan supaya harga itu tetap sama. Kalau dari angka statistiknya mungkin naik,” katanya  di Kuta, Senin (1/4/2019).

Penyesuaian tarif Tol Bali Mandara dikatakan Enkky akan diikuti dengan peningkatan layanan kepada para pengguna jasa. Salah satunya penyediaan informasi terkini soal kondisi jalan tol yang menghubungkan Benoa, Ngurah Rai, dan Nusa Dua. Bahkan untuk merealisasikan pembaharuan informasi tol itu telah diwujudkan melalui Memorandum of Understanding (MoU) antara PT. Jasamarga Bali Tol dengan PT. Berita Bagus Sejati.

“Bersinergi untuk memberikan informasi yang terkini tentang kondisi lalu lintas atau pelayanan lalu lintas di jalan tol. Jadi itu mungkin di tahap awal, tetapi berikutnya kita akan kembangkan lagi termasuk informasi-informasi terkait dengan bagaimana berlalu lintas yang tertib dan aman,” ujarnya.

Konten informasi kepada para pengguna jasa diantaranya kondisi terkini di ruas jalan tol Bali Mandara. Tidak sebatas itu, situasi di tiga gerbang tol yaitu Benoa, Ngurah Rai, dan Nusa Dua juga akan diinformasikan kepada masyarakat. Pihaknya tak khawatir, informasi tentang kepadatan di gerbang tol akan berpengaruh pada minat masyarakat melintas di ruas tol pertama di Bali itu.(yza)

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Minta Wishnutama Fokus Pada 5 Destinasi Pariwisata