Lemas dan Kahabisan Bekal, Turis Belanda dan Norwegia Dievakuasi dari Gunung Agung

Upaya evakuasi terhadap dua WNA asal Belanda dan Norwegia. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Belasan relawan berhasil melakukan evakuasi terhadap seorang warga negara asing (WNA) asal Belanda dan Norwegia yang ditemukan dalam kondisi lemas dan kehabisan bekal  karena tersesat saat mendaki Gunung Agung yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Jumat (29/3/2019) malam.

Dua turis asing yang diketahui bernama Frans asal Belanda (22) dan Horge (21) dari Norwegia itu nekat melakukan

pendakian Gunung Agung, yang merupakan gunung tertinggi di Bali tersebut secara diam-diam.

Salah satu relawan Pasebaya, I Komang Eka Saputra ketika melapor via frekwensi radio kepada petugas  mengatakan, dirinya bersama sejumlah relawan menemukan keduanya berada di ketinggian 1 kilometer di bawah puncak kawah Gunung Agung.

“Kami sudah menemukan kedua bule tersebut dalam kondisi lemas dan kehabisan bekal, juga tanpa air,” terang  Mang Eka.

Lebih jauh dikatakan, kedua bule tersebut akhirnya berhasil dievakuasi belasan relawan yang sempat mengalami sedikit kesulitan karena upaya penyelamatan harus melewati tepi jurang yang sangat curam ditambah dengan kondisi sekitarnya yang gelap.

Upaya penyelamatan ini bisa dikatakan cukup beresiko mengingat pada Kamis (28/9/2019) petang, Gunung Agung kembali mengalami erupsi dengan mengeluarkan suara dentuman cukup keras hingga terdengar sampai radius 12 kilometer lebih. (agw)

BACA JUGA:  Pemkab Gianyar Tak Anggarkan Dana Ogoh-ogoh