Tahanan Polresta Denpasar Ikuti Sosialisai Pemilu 2019

Penghuni Rutan Polresta Denpasar mengikuti sosialisasi pemilu yang digelar KPU Kota Denpasar (foto : ist)
Beritabalionline.com – Sebanyak 86 orang tahanan penghuni sel Rutan (Rumah tahanan) Polresta Denpasar mengikuti sosialisai tentang pemilu 2019 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Denpasar.
“Para tahanan tersebut walaupun berada dalam penjara tetapi tetap diberikan hak untuk memilih di pemilu 2019, sehingga kami adakan sosialisasi ini,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol Ruddi Setiawan saat ditemui di Mapolresta Denpasar, Sabtu (23/3/2019).
Kapolresta menerangkan, materi yang diberikan dalam sosialisasi kepada para penghuni rutan seperti tentang daftar pemilih, tata cara pencoblosan, larangan pada pemilu dan hal teknis lain terkait pemilu.
Sementara itu, Tim dari KPU Kota Denpasar yang dipimpinan Kasubbag Teknis KPU Kota Denpasar, Damayanti Laksmi menyampaikan beberapa materi di antaranya syarat E-KTP, dan juga tata cara pencoblosan. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan target partisipasi pemilih di tahun 2019.
“Target partitispasi pemilu harus maksimal sehingga sosialisasi terus dilakukan dan salah satunya kepada warga masyarakat yang berada dalam tahanan seperti di Polresta Denpasar,” jelasnya.
Damayanti menjelaskan, selain meningkatkan partisipasi pemilih, yang tidak kalah penting yakni memberikan pemahaman untuk mengurangi kesalahan dalam pencoblosan yang berlangsung kurang dari satu bulan ini.
“Pemilu kali ini ada lima surat suara yang harus dicoblos karena Pemilihan Presiden (Pilpres) serta Pemilu Legislatif (Pileg) digelar secara bersamaan. Jadi kegiatan ini selain meningkatkan partisipasi juga untuk mencegah kesalahan,” kata Damayanti. (agw)
BACA JUGA:  Bupati Karangasem Tandatangani Deklarasi Puskesmas dan Sekolah Ramah Anak