18 Wartawan yang Ikut UKW Angkatan Ke-V di Bali, 17 Dinyatakan Kompeten

Peserta UKW Angkatan ke-V di Bali foto bersama dengan para penguji dan Pengurus PWI Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Penyelenggaraan Peningkatan Kapasitas Wartawan terkait dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-V PWI Bali 2019 yang berlangsung selama tiga hari (21-23 Maret 2019) di aula Kantor Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfos), resmi ditutup pada Sabtu (23/3/2019).

Salah satu Panitia Penguji UKW Angkatan V, Nizwar saat mengumumkan hasil UKW tersebut menyatakan, dari 18 peserta yang ikut UKW 17 dinyatakan kompeten, dan 1 peserta kurang kompeten.

Selama dua hari para wartawan dari media cetak, elektronik dan online itu diuji oleh 3 penguji yang berasal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Sedangkan pada hari pertama (Kamis, 21/3/2019) diisi dengan pembekalan dari pengurus PWI Bali.

“Proses penilaian sudah dilakukan sedemikian rupa dan diketahui hanya oleh dua pihak saja. Pihak yang menguji dan yang diuji,” ungkap Nizwar, sembari menambahkan bahwa hasil penilaian UKW ini dilakukan secara obyektif.

Sementara itu, Ketua  PWI Bali, IGMB Dwikora Putra menyatakan sangat bersyukur dengan capaian prestasi tersebut. Bahkan, ia mengaku bahwa prestasi kelulusan 94 persen ini merupakan yang tertinggi selama UKW yang digelar PWI Bali selama ini.

“Istilahnya bukan lulus tidak lulus, tapi yang ada adalah kompeten dan kurang kompeten,” katanya saat memberi sambutan pada acara penutupan UKW.

“Dan astungkara dari hasil ujian yang diumumkan penguji tadi, 17 dari 18 peserta dinyatakan kompeten, hampir 100%, ini capaian tertinggi,” ujar Dwikora Putra yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali.

Selanjutnya Dwikora berharap, penyelenggaraan UKW yang terselenggara atas kerja sama PWI Bali dan Diskominfos Bali tidak berhenti sampai di sini. “Mudah-mudahan dengan dukungan dan support dari Diskominfos Bali, ke depan UKW bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. “Saya ucapkan terimakasih kepada Diskominfos. Mudah-mudahan ini dapat terus terjalin sehingga kami dapat melibatkan lebih banyak lagi wartawan, sehingga lebih banyak lagi jumlah wartawan kompeten di Bali,” pungkasnya (tra) 

BACA JUGA:  Pasca Teror di Selandia Baru, Polda Bali Tingkatkan Keamanan, Masyarakat Diminta Tenang dan Waspada