Diskominfos Bali Gelar Lomba IT Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Ida Bagus Made Sutresna SE. MT., (tengah) didampingi Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra (kiri) dan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Bali, Dewa Suta Sastradhinata. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Untuk mencegah generasi muda jadi korban teknologi informasi (information technology – IT), Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali menggelar lomba IT dengan mengusung tema ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Hal tersebut disampaikan Ida Bagus Made Sutresna SE, MT., selaku Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Diskominfos Bali, di hadapan para peserta Uji Kompetisi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan atas kerjasama PWI Bali dengan Dikskominfos Bali, di Denpasar, Kamis (21/3/2019).

Menurut Ida Bagus Sutresna, lomba ini sebenarnya ditujukan sebagai stimulus bagi generasi muda agar mampu memaksimalkan penggunaaan IT secara positif.  “Tujuannya agar mereka tidak semata menjadi korban semata, tapi mampu berbuat maksimal dalam penggunaan IT,” terangnya.

Mengenai kriteria lomba, lanjut dia, antara lain aplikasi, blog, vlog, foto bercerita dan film dokumenter. Masing-masing kriteria ini disediakan hadiah beragam.

“Untuk film dokumenter, juara I (Rp 17 juta), juara II (Rp 12,5 juta) dan juara III (Rp 10 juta).  Sedang untuk kriteria lain juara I (Rp 15 juta), juara II (Rp 10 juta) dan juara III (Rp 7,5 juta),” bebernya.

Disinggung mengenai peserta lomba, Sutresna menegaskan, lomba ini khusus diperuntukkan bagi warga yang menjadi penduduk Bali, yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) Bali.

Dia melanjutkan, pada bulan Januari-April, dilakukan tahap sosialisasi lomba. Pada 1 Mei-1 Juli, baru dilakukan pendaftaran lomba. Pendaftaran lomba dilakukan secara online di website Diskominfos Bali. Khusus untuk film pendek, pendaftaran lomba dapat dilakukan secara langsung di Kantor Diskominfos Bali.

BACA JUGA:  Satu Lagi Siswa Tenggelam di Bendungan Palasari Ditemukan Sudah Jadi Mayat

“Pemenang akan diumumkan pada tanggal 14 Agustus 2019, bertepatan dengan hari jadi Pemprov Bali,” ujarnya sembari menjelaskan ada tujuh anggota dewan juri kompeten yang akan menilai setiap karya peserta lomba. (ist)