Ditolak Sejumlah Ormas, Acara Diskusi Rocky Gerung Batal Digelar

Rocky Gerung. (foto : net)

Beritabalionline.com – Rencana kedatangan Rocky Gerung ke Tuban, Jawa Timur yang sempat menuai penolakan, akhirnya dibatalkan oleh pihak pondok pesantren, tempat acara diskusi dilangsungkan. Menurut Ketua Panitia, Nur Rahman, pembatalan itu dilakukan oleh pihak Pondok Pesantren Yanbu’ul Ulum tempat lokasi acara.

Pihak Ponpes beralasan, untuk menjaga suasana agar tetap kondusif, panitia diminta agar tidak meneruskan diskusi publik tersebut. “Dikarenakan untuk menjaga kondusifitas dan marwah pesantren semalam (Senin malam) mereka minta agar kegiatan dibatalkan,” ungkapnya, Selasa (19/3/2019), di Surabaya.

Terkait dengan hal itu, Rahman pun terpaksa melakukan pembatalan, meski pembicara Rocky Gerung, sudah berada di Surabaya.

Sebelumnya, sejumlah ormas Islam mendesak panitia acara untuk membatalkan acara yang mendatangkan Rocky sebagai pembicara ini.

Sedikitnya ada 9 organisasi kemasyarakatan (ormas) dari berbagai elemen yang menolak rencana kedatangan Rocky Gerung ke Bumi Wali ini. Mereka beralasan mengkhawatirkan kehadiran Rocky akan mengganggu kenyamanan masyarakat, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Rocky Gerung dijadwalkan menghadiri diskusi publik dengan tema ‘Membangun Bangsa Berakal sehat’ yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Yanbu’ul Ulum, Desa Sumuragung, Kabupaten Tuban pada Selasa (19/3/2019) ini.

Beberapa Ormas yang menolak di antaranya, pengurus Ansor Tuban, Karang Taruna, PMII, KNPI, Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP), Pemuda Pancasila, Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Tuban, dan perwakilan masyarakat.

“Orasi Rocky Gerung sering menimbulkan polemik di masyarakat, sehingga bisa memicu potensi konflik dalam masyarakat Tuban. Apalagi, ini adalah tahun politik, ada 9 ormas yang menolak,” ungkap Ardian Zaenal Abidin Ketua Wanhat KBPP Tuban, Senin. (18/3/2019)

Hal sama juga disampaikan Harun Prasetyo, Sekretaris Cabang Ansor Kabupaten Tuban. Ia mengungkapkan pengurus PAC Ansor Tuban menolak kedatangan Rocky Gerung karena statemennya sering memancing provokasi.

BACA JUGA:  Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat Kunci Sukses Penanganan Covid-19

“Penolakan ini demi menjaga kondusifitas serta kenyamanan masyarakat Tuban. Jangan sampai kehadiran Rocky Gerung memperkeruh situasi, khususnya jelang pemilu ini. Karena Tuban sejauh ini sudah nyaman dan kondusif,” ungkap Harun. *itn