Bupati Karangasem Minta Penjelasan Laporan Keuangan Daerah

Bupati IGA Mas Sumatri saat melakukan sidak ke Kantor BPKAD Karangasem.(foto:ist).

Beritabalionline.com – Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karangasem Senin, (18/3/2019).

Pada kesempatan itu, Bupati Mas Sumatri meminta penjelasan mengenai Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Dirinya juga menanyakan kendala serta sudah sejauhmana proses laporan tersebut. Pihaknya menekankan kepada Kepala BPKAD Kabupaten Karangasem untuk membenahi bangunan dan memperluas bangunan BPKAD, mengingat staf BPKAD sebanyak 200 orang  sedangkan ada beberapa ruangan yang sempit dan bahkan sampai meminjam ruangan kepada Dharma Wanita sebagai ruangan aset.

“Kalau bisa perluas lagi kantor BPKAD, benahi lagi supaya lebih bagus lagi, dan alangkah lebih bagus lagi bila kantor ini  ditambahkan taman agar kantor BPKAD lebih indah,” harap Bupati Sumatri.

Bupati Mas Sumatri memberi dukungan  dan memotivasi kepada staf BPKAD agar bisa segera menyelesaikan laporan tersebut.  “Mari kita sama sama saling membahu agar laporan segera selesai sebelum 29 Maret 2019,” harap Sumatri yang saat itu didampingi Assisten III Setda Kabupaten Karangasem, Wayan Purna, Kepala Inspektorat Daerah Wayan Sudarsana dan Kepala Bagian Administrasi Pemerintah Kabupaten Karangasem Made Suartana.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten Karangasem I Nengah Mindra menjelaskan pihaknya baru mengerjakan laporan 75%, dan akan segera melaporkan progres LKPD ini kepada Inspektorat Daerah.  “Kita terus bekerja seoptimal mungkin agar segera selesai, untuk sejauh ini belum ada kendala,” ujarnya.

Nengah Mindra juga memaparkan mengenai proses Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.  Pemerintah daerah dituntut untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang meliputi Laporan Realisasi Anggaran, Neraca Daerah, Laporan Aliran Kas, Catatan Atas Laporan Keuangan. Pihaknya mengaku sangat berterimakasih atas dukungan  dan motivasi yang diberikan. “Kami sangat berterimakasih atas support yang diberikan oleh Ibu Bupati kepada kami,” ujarnya. (jab)

BACA JUGA:  Aplikasi MCP Tabanan Raih Peringkat II Se-Bali